Pengaruh Lapisan TiN (Titanium Nitrida), TiAlN (Titanium Aluminium Nitrida) dan Non Coating Pahat Karbida Terhadap Kualitas Permukaan dan Ketahanan Keausan Pada Proses Pembubutan Baja Aisi 1045

Iman Saefuloh, Ipick Setiawan, Panji Setyo Aji

Abstract


Jika berurusan dengan bahan dengan tingkat kekerasan yang tinggi, Seringkali dihadapkan pada permasalahan proses pembubutannya seperti hasil pembubutanya tidak halus pada permukaanya dan pahat cepat mengalami keausan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kekasaran permukaan dan keausan pahat insert coated cementedcarbide TiN (Titanium Nitride), TiAlN (Titanium Aluminium Nitride), dan Non Coated dengan menggunakan baja Aisi 1045 dengan memperhatikan parameter pembubutan, dimana kecepatan mesin divariasikan menjadi 3 variabel sedangkan kondisi pemotongan lainnya tetap. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh data nilai dimensi kekasaran permukaan (Ra) terhadap pengaruh kecepatan mesin dan dimensi keausan insert terhadap pengaruh kecepatan mesin. Analisa yang digunakan dengan melakukan pengujian Roughness Tester, dan Pengujian Microscope Optic. Hasil penelitian yang diperoleh pada pahat insert coated TiN (Titanium Nitride) dengan kecepatan mesin 995 rpm nilai dimensi keausan flank wear mencapai VB=0,13mm dan creater wear mencapai K0,71 mm, untuk TiN dengan kecepatan mesin=730 rpm mencapai VB=0,22 mm dan K mencapai 0,62mm, sedangkan  untuk TiN dengan kecepatan mesin520 rpm mencapai VB =0,12 mm dan K mencapai 0,21 mm, pada pahat insert coated TiAlN (Titanium Alumunium Nitride) dengankecepatan mesin 995 rpm nilai dimensi keausan flank wear mencapai VB=0,13 mm dan creater wear mencapai K 0,65 mm, untuk TiAlN dengan kecepatan mesin=730rpm mencapai VB=0,21 mm dan K mencapai 0,39 mm, sedangkan  untuk TiAlN dengan kecepatan mesin520 rpm mencapai VB =0,11 mm dan K mencapai 0,20 mm, pada pahat insert non coated dengan kecepatan mesin 995rpm nilai dimensi keausan flank wear mencapai VB=0,15 mm dan creater wear mencapai K 0,92 mm, untuk non coated dengan kecepatan mesin=730 rpm mencapai VB=0,34 mm dan K mencapai0,85mm,sedangkan  untuknon coated dengan kecepatan mesin520 rpmmencapai VB =0,13 mmdan K mencapai 0,40 mm,  Dan dari grafik pengaruh kecepatan mesin dan lapisan pahat insert coatedcemented karbide TiN, TiAlN, dan Non Coated terhadap dimensi kekasaran permukaan untuk setiap variabel kecepatan mesin terlihat bahwa semakin tinggi kecepatan mesin yang digunakan maka akan semakin baik nilai dimensi kekasaranya.

Keywords


baja aisi 1045, kekasaran permukaan, keausan pahat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v1i1.1466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.