Peningkatan Kualitas Sambungan Las Baja Karbon Rendah Dengan Metode Taguchi

Amir Arifin, Tommy Sulistyawan

Abstract


Teknik pengelasan telah digunakan secara umum dalam penyambungan logam pada konstruksi bangunan baja dan konstruksi mesin. Jenis pengelasan yang sering digunakan adalah pengelasan SMAW (Shielded Metal arc Welding). Dalam penelitian ini akan dilihat parameter-parameter yang berpengaruh terhadap kekuatan tarik dari hasil pengelasan menggunakan Metode Taguchi pada sambungan las baja karbon rendah. Pengelasan yang dilakukan dengan Metode Taguchi memvarisaikan parameter pengelasan berupa kampuh las, gap pengelasan, dan besarnya arus pengelasan. Melalui pengujian tarik diketahui bahwa hasil pengelasan dengan Metode Taguchi didapatkan parameter optimum pada faktor A yaitu kampuh las berbentuk I, faktor B yaitu gap pengelasan sebesar 3 mm, dan faktor C yaitu arus pengelasan sebesar 100 A. Selain melakukan pengujian tarik dilakukan juga pengujian kekerasan dan pengujian metalografi pada penelitian ini. Dari hasil pengujian kekerasan menunjukkan bahwa tingkat kekerasan pada tiap daerah berbeda-beda dan menjadi daerah dengan permukaan paling keras ialah pada daerah las. Hal ini dikarenakan terjadi perubahan struktur mikro karena adanya siklus termal berupa pemanasan yang diikuti oleh pendinginan cepat akibat pengelasan. Sedangkan hasil pengujian metalografi menunjukkan perubahan struktur mikro terutama pada daerah terpengaruh panas (HAZ). Namun demikian, saat dilakukan pengelasan, daerah HAZ mengalami pemanasan dan pendinginan yang lambat sehingga terjadi pertumbuhan butir yang kasar. Hal ini juga yang menyebabkan daerah HAZ memiliki kekerasan yang lebih rendah dibandingkan dengan daerah las.

Keywords


Metode taguchi, kekerasan, SMAW

Full Text:

PDF

References


Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2013). Materials Science and Engineering: An Introduction, 9th Edition: Ninth Edition: John Wiley and Sons, Incorporated.

Cesarone, J. (2001). The power of taguchi: You've heard of design of experiments and taguchi methods.; Now understand when it's appropriate to use each method.(QUALITY). IIE Solutions, November 1.

Groover, M. P. (2010). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems: John Wiley & Sons.

Jeffus, L. (2016). Welding: Principles and Applications: Cengage Learning.

Kou, S. (2003). Welding Metallurgy: Wiley.

Oktem, H., Erzurumlu, T., & Uzman, I. (2007). Application of Taguchi optimization technique in determining plastic injection molding process parameters for a thin-shell part. Materials & Design, 28(4), 1271-1278. doi: DOI 10.1016/j.matdes.2005.12.013

Roy, R. K. (2010). A Primer on the Taguchi Method, Second Edition: Society of Manufacturing Engineers.

Sadi, Malau, V., Wildan, M. W., & Suyitno. (2015). Optimization of Stir Casting Process Parameters to Minimize the Specific Wear of Al-SiC Composites by Taguchi Method. International Journal of Engineering and Technology, Vol 7 (1), 17-26.

Sullivan, L. P. (1987). The Power Of Taguchi Methods To Impact Change In US Companies. Target, 3(2), 18-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v2i1.2565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
FLYWHEEL: JURNAL TEKNIK MESIN UNTIRTA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.