Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Bermain Alat Musik Angklung Di Kelas X IPA 2 MAN 1 Kragilan
Abstract
Pembelajaran Seni Budaya memiliki tujuan yaitu untuk menumbuhkan keterampilan, namun ditemukan suatu permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang digunakan tidak dapat menstimulasi siswa sehingga siswa menjadi tidak aktif. Tujuan dariopenelitianoini untuk menstimulus meningkatkanoketerampilan siswa denganomenggunakanometodeodrill dalam bermain alat musik angklung. Metodeoyang digunakan adalahometodeoPenelitian TindakanoKelas (PTK), sedangkan desain yang digunakan yaitu model Kemmiso&oTaggart yangodimulai denganorencana (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Hasilorata-rata nilaioyang dicapaiopada pratindakanoadalah 65,06. Padaosiklus I, hasil rata – rata nilaioyang dicapaiosiswa adalahosebesar 71,3. Padaosiklus II hasilorata – rata nilai yang dicapaiosiswa adalahosebesar 82,6. Denganodemikianodapat ditarik kesimpulan bahwaopenggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain alat musik angklung, hal tersebut dapat dijadikan sebagai bahan rekomendasi dalam meningkatkan keterampilan siswa.
Kata Kunci: Metode Drill, Keterampilan, Angklung
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/m.v1i1.13323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MATRA has been indexed by:
| MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa dipublikasikan oleh Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa | ||
Copyright © 2024, MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa. |