Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edpuzzle terhadap Pemahaman Tari Nusantara pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Serang
Abstract
Dunia pendidikan saat ini sangat terpengaruh pada perkembangan teknologi yang semakin canggih. Seorang guru harus mampu memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk bisa dipergunakan sebagai media pembelajaran, sehingga dapat membantu guru untuk melaksanakan pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh pula pada kemampuan guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis online. Tujuan penelitian ini guna mengetahui proses pembelajaran menggunakan aplikasi Edpuzzle serta pengaruhnya terhadap pemahaman siswa mengenai materi tari nusantara. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian didapati nilai rata-rata pemahaman tari nusantara pada kelas eksperimen 28,13 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 27,25. Kemudian untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi Edpuzzle dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji t dua sampel, maka didapati hasil sebesar 1,68 dan sebesar 1,67 dengan taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, = 1,68 > = 1,67, maka disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi edpuzzle berpengaruh terhadap pemahaman tari nusantara yang cukup signifikan, sehingga dapat dinyatakan bahwa diterima.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/m.v2i1.17917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MATRA has been indexed by:
| MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa dipublikasikan oleh Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa | ||
Copyright © 2024, MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa. |