PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SAXOPHONE DI LARGO MUSIC KECAMATAN KRAMATWATU KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN

Triyo Anggoro, Suhaya Suhaya, Rian Permana

Abstract


ABSTRAK

Largo Music Serang merupakan sebuah tempat yang menyediakan jasa berupa entertaint, perbaikan instrument serta pembelajaran music. Peserta didik yang sudah menyelesaikan pembelajarannya di Largo banyak menjadi pekerja di dunia hiburan musik bahkan ada beberapa yang menyalurkan kembali materi yang telah didapatkan ketika dahulu melalui proses pembelajaran ditempat ini. Peneliti dalam melakukan penelitian seputar proses pembelajaran teknik dasar saxophone di Largo Music Serang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil yang didapatkan setelah melakukan penelitian ini diawali dengan mengetahui ada 6 tahapan yang dilakukan seperti pra kegiatan, kegiatan awal, kegiatan, inti, kegiatan akhir, evaluasi dan berlatih bersama instrument lain. Pendidik dalam memberi materi seputar teknik dasar saxophone lebih menekankan kepada pendalaman seputar breathing agar peserta didik dapat terbiasa menggunakan pernafasan yang baik supaya suatu saat diberikan materi lanjutan yang lebih sulit peserta didik dapat dengan mudah menerapkan dengan penguasaan teknik ini.

Kata kunci: proses pembelajaran, teknik dasar saxophone, Largo Music

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/m.v3i1.21955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MATRA has been indexed by:

   
      

 

 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa dipublikasikan oleh Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Creative Commons License 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2024, MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa.


View My Stats