PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR GITAR DASAR DI SMK NEGERI 1 WARUNGGUNUNG

Rahmanita Dian Fasa, Syamsul Rizal, Giri Mustika Roekmana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar gitar dasar di SMK Negeri 1 Warunggunung. Seiring dengan perkembangan pendidikan, metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pra-experimental design jenis one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Warunggunung, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan tes (pretest dan posttest). Penelitian ini menggunakan statistik inferensial, yaitu menggunakan perhitungan uji t. Hasil perhitungan uji t memperoleh nilai t hitung sebesar -17,243 dan diketahui nilai t tabel sebesar 1,692, maka t hitung > t tabel. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara metode demonstrasi dengan hasil belajar gitar dasar di SMK Negeri 1 Warunggunung.

Kata Kunci: Pengaruh, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Dana, T. P. (2020). Sampling Methods in Research Design.

Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272

Midianah, M. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 168 Seluma. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(1), 15–31.

Rohima, R., Friska, S. Y., & Novitasari, A. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas IV Sdn 07 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 113–116. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2227

Runtunuwu, F., Sumual, H., & Manongko, J. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas Xi Tkr Smk Negeri 1 Motoling. Gearbox:Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 46–51. https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.976

Sari, D. P., & Sari, N. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Cenderawasih 2 Jakarta. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika,3(1), 12. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.7788

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Turiman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Demontrasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematik Serta Motivasi Belajar Siswa Smp. Prisma, 7(2), 206–216

Wijayanto, S., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI-AL Ma’arif Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 62–68. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.778




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/m.v4i1.32147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MATRA has been indexed by:

   
      

 

 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa dipublikasikan oleh Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Creative Commons License 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2024, MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa.


View My Stats