PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR GITAR DASAR DI SMK NEGERI 1 WARUNGGUNUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar gitar dasar di SMK Negeri 1 Warunggunung. Seiring dengan perkembangan pendidikan, metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pra-experimental design jenis one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Warunggunung, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan tes (pretest dan posttest). Penelitian ini menggunakan statistik inferensial, yaitu menggunakan perhitungan uji t. Hasil perhitungan uji t memperoleh nilai t hitung sebesar -17,243 dan diketahui nilai t tabel sebesar 1,692, maka t hitung > t tabel. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara metode demonstrasi dengan hasil belajar gitar dasar di SMK Negeri 1 Warunggunung.
Kata Kunci: Pengaruh, Metode Demonstrasi, Hasil BelajarFull Text:
PDFReferences
Dana, T. P. (2020). Sampling Methods in Research Design.
Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272
Midianah, M. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 168 Seluma. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(1), 15–31.
Rohima, R., Friska, S. Y., & Novitasari, A. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas IV Sdn 07 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 113–116. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2227
Runtunuwu, F., Sumual, H., & Manongko, J. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas Xi Tkr Smk Negeri 1 Motoling. Gearbox:Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 46–51. https://doi.org/10.53682/gj.v2i2.976
Sari, D. P., & Sari, N. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Cenderawasih 2 Jakarta. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika,3(1), 12. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.7788
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Turiman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Demontrasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematik Serta Motivasi Belajar Siswa Smp. Prisma, 7(2), 206–216
Wijayanto, S., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI-AL Ma’arif Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 62–68. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.778
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/m.v4i1.32147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MATRA has been indexed by:
| |
![]() ![]() |
| MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa dipublikasikan oleh Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa | ||
![]() |
Copyright © 2024, MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa. |