STRATEGI GENERASI PESONA INDONESIA (GENPI) PANDEGLANG DALAM MEMPROMOSIKAN KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) (Studi Deskriptif Pada Destinasi Digital Pasar Kaulinan Menes)

Eka Darisnadi, Damanhuri Damanhuri, Ronni Juwandi

Abstract


This study aims to describe how the strategy of the GenPI Pandeglang community in promoting local wisdom in the Menes Kaulinan Market Digital Destination. The subjects of this study were the Head of the Tourism Destination Division of the Banten Province Tourism Office, the Manager of Kaulinan Market Management Menes, the Chairperson of the GenPI Pandeglang community, the Head of the Pandeglang GenPI community online team, the Chair of the Pandeglang GenPI community creative team and the Menes Kaulinan Market visitor. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. The data analysis used was data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The validity of the data was done by triangulating sources, triangulating techniques and member checks. The results of the study found that the efforts made by the GenPI Pandeglang community in promoting local wisdom included planning, implementation and evaluation aspects. The obstacles faced are personal factors and situational factors. The response of visitors to the Menes Kaulinan Market is in the form of the enthusiasm of visitors by playing traditional games, buying culinary snacks at the Kaulinan Menes Market and visitor responses in the form of likes, comments, shares and retweets on the social media accounts of the Menes Kaulinan Market.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adikakurnia, Mi. Hasil Rakornas 2018. https://amp.kompas.com/travel/read/2018/03/26/080700427/hasil-rakornas-2018-kemenpar-siapkan-destinasi-wisata_nomadic#aoh=15766783650169&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s. Diakses pada pukul 14.34 WIB. Tanggal 12 Oktober 2019.

Agustian. 2019. PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Skripsi.

Banten. 2020. Kebudayaan. https://www.bantenprov.go.id/profil-provinsi/kebudayaan. Diakses pada pukul 21.06 WIB. Tanggal 24 Februari 2020.

BPS. 2018. Provinsi Banten Dalam Angka Banten Province in Figures 2018. Banten: Dharmaputra.

Brata, IB. 2016. Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Vol. 05. No.01. Hal.12-13.

Budiawan. I,G. Maftuh, H,B. 2017. Pengaruh Pengembangan Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) dan Pendidikan Kepramukaan Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa di SMA Negeri Se-Kota Denpasar. Vol.15. Hal.104.

Deslatama, Ya. Banten Punya Banyak Destinasi Pariwisata Kok Sepi. https://m.liputan6.com/regional/read/2435821/banten-punya-banyak-destinasi-kok-sepi. Diakses pada pukul 13.24 WIB. Tanggal 16 November 2020.

Dewi, Er. 2012. Transformasi Sosial dan Budaya. Vol.14. No.1. Hal. 114-115.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten. Potensi Pariwisata Banten.

Dinas Pariwisata Provinsi Banten. 2020. Profil Dinas Pariwisata Provinsi Banten. https://dispar.bantenprov.go.id/id/read/struktur-dinas-pariwisataprov.html. Diakses pada pukul 19.20 WIB Tanggan 27 Agustus 2020.

Fajarini, Ul. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Vol.1. No.2. Hal. 124.

Irawan, St. 2011. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Islamuddin. 2014. Pengembangan Budaya Suku Talang Mamak Sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Bagian Civic Culture. Vol.23. Hal. 65-66.

Istiqomah, An. 2017. Pembangunan Identitas Nasional Dalam konteks Masyarakat Multikultural Melalui Situs Kewarganegaraan Berbasis Agama. Hal. 20-22.

Kurniawan, dkk. 2019. Strategi Promosi Pariwisata di Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. Vol.7 No.1. Hal.27.

Lopiana M,P. Dadang S. 2016. Pelestarian Nilai-Nilai Civic Culture Dalam Memperkuat Identitas Budaya Masyarakat: Makna Simbolik Ulos Dalam Pelaksanaan Perkawinan Masyarakat Batak Toba di Sitorang. Vol.3. Hal.65-66.

Muwafiq, Ah. Samsuri. 2017. Pesantren Sebagai Situs Kewarganegaraan dan Pembentukan Budaya Kewarganegaraan di Madura. Vol.14. No.2. Hal.186

Pratomo, Yd. AAPJI: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa.https://amp.kompas.com/tekno/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa. Diakses pada pukul 15:25 WIB Tanggal 12 Oktober 2019.

Rendra, Ag. Wahab,Az. 2018. Pelembagaan Karakter Kreatif Masyarakat Melalui Situs Kewarganegaraan. Vol.18. No.2. Hal.44

Ritzer, G. Goodman, Dj. 2014 Terj. Teori Sosiologi. Bantul: Kreasi Wacana.

Roswantoro, Al. 2011. Civic Values dan Islam: Islam Awal dan Potret Pembangunan Civil Society. Vol.10. No.1. Hal.24-25.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Ns. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suranto, Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trisna, AW. Darmawan, Ce. 2016. Civic Culture Dalam Nilai-Nilai Budaya dan Kearifan Lokal Masyarakat Bali Aga Desa Trunyan. Vol.23. No.1. Hal.23-26

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Banten.

Wijaya, Bs. 2009. Iklan Ambient Media dan Pengaruh Modernitas Budaya Komunikasi Dunia Barat. Vol.1 Hal.110.

Wijaya, Ca. 2017. Perilaku Organisasi. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LIPPPI).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v1i2.13834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Darisnadi, Damanhuri Damanhuri, Ronni Juwandi


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: [email protected]