PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS X

Marlina Saptariana, Estu Wijayaningsih, Asep Saefullah, Fifi Fatmawati Rahayu, Ami Aviatin Avivi

Abstract


Keberagaman peserta didik menjadikan guru harus memfasilitasi pemenuhan kebutuhan belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan teaching at the right level di sebuah SMA Negri di Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas XI dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan melihat pada kesiapan belajar dan gaya belajar peserta didik.  Praktik pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan teaching at the right level menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik. Peserta didik mendapatkan perlakuan disesuaikan dengan tingkat kesiapan dan gaya belajarnya sehingga meningkatkan minat dan motivasi dalam belajar.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP(Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(11), 5241–5246. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trirahayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An , 2(3), 340–349.

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407–12418.

Fitra, D. K. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Materi Tata Surya di Kelas VII SMP. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278–290. https://doi.org/10.31258/jta.v5i1.278-290

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Elektronik), 6(2), 68–79. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif (Vol. 1).

Maysyaroh, U., Kristanto, Y. D., & Partini, P. (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). JIPMat, 7(2), 70–82. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.13298

Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed., Vol. 1). Kencana.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tarigan, M., Wiranda, A., & Hamdany, S. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. 3(1), 149–159.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v3i1.21232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marlina Saptariana, Estu Wijayaningsih, Asep Saefullah, Fifi Fatmawati Rahayu, Ami Aviatin Avivi


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: [email protected]