PERAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK GENERASI PEDULI LINGKUNGAN SEJAK DINI

Retno Handayani Retno

Abstract


Pada awal milenium tahun 2000,  kesadaran  akan pentingnya perlindungan dan keberlanjutan lingkungan meningkat di seluruh dunia. Hal ini mendapat respon positif dari berbagai pemangku kepentingan untuk mengambil langkah aktif dalam menjaga  lingkungan, termasuk pendidikan dini tentang perlindungan lingkungan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji literatur-literatur yang relevan. Pengembangan kepribadian sadar lingkungan pada anak dapat dicapai melalui pendidikan lingkungan hidup di sekolah, kegiatan praktik di lapangan,  teladan  orang dewasa, kebiasaan sehari-hari, pendidikan melalui media dan permainan,  diskusi dan refleksi, dan lain-lain. Lingkungan sekolah yang bersih memberikan manfaat penting seperti kesehatan, kenyamanan, kecerdasan emosional, pendidikan lingkungan, keteladanan, dan pengembangan keterampilan hidup. Upaya bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah tidak hanya akan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman serta menunjang proses pembelajaran yang optimal, namun juga dapat melahirkan generasi yang sadar lingkungan dan bertanggung jawab terhadap kelestarian alam.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v3i2.26386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Retno Handayani Retno


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: [email protected]