PENDIDIKAN NILAI; MENGATASI DEGRADASI MORAL KELUARGA

Ratnawati Sukardi

Abstract


Degradasi moral telah mencapai taraf yang mengkhawatirkan.Permasalahan ini merupakan tanggung jawab semua lembaga kemasyarakatan termasuk keluarga.keluarga merupakan lembaga masyarakat pertama dan paling utama yang menjadi tempat penanaman nilai terhadap individu. Keluarga memiliki peran untuk meminimalisir degradasi moral yaitu dengan penyadaran, penanaman, dan pengembangan nilai dan norma yang terdapat di dalam masyarakat.  Melalui interaksi yang intensive dapat terciptanya ikatan emosional antara anggota keluarga, maka pendidikan nilai yang ditanamakan dalam keluarga memiliki pengaruh yang besar dalam meminimalisir terjadinya degradasi moral di dalam lembaga keluarga.


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter; Konstruksi Dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

George, Ritzer. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, R. 2014. Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Kartono, K. 2011. Patologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soekanto, S. 2009. Sosiologi Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudarminta.2013. Etika Umum; Kajian Tentang Beberapa Masalah Pokok Dan Teori Etika Normatif. Yogyakarta: Kanisinus.

Suyanto, B. 2010. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

William, J. 2004. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwaningsih, W. 2010. Jurnal Keluarga Dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral.Vol. 1.No.1 : 44-55. http://www.download. Portalgaruda.org > article.Diakses tanggal 27 April 2017 pukul 19.36 WIB.

Setyawan, Devita. 2015. KPAI: Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Tiap Tahun Meningkat.http://www.kpai.go.id. Diakses tanggal 28 April 2017 pukul 18.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA