PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN BERBASIS EKSPERIMEN SEBAGAI ALAT BANTU TERCIPTANYA TUJUAN PENDIDIKAN

Muhamad Afendi

Abstract


Dunia pendidikan merupakan suatu lembaga yang sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan manusia dimana pendidikan itu sendiri akan mengubah sebuah pola pikir manusia. Dalam proses pendidikan tentunya memiliki sebuah tujuan yang positif yaitu bagaimana manusia itu mempunyai akal pikiran yang sehat dan cerdas. Maka dalam proses pembelajarannya itu diciptakan sebuah media yang akan membantu terwujudnya tujuan dari sebuah pendidikan. Media merupakan suatu alat bantu manusia dalam melakukan sebuah proses pembelajaran. Dengan adanya media bisa mempermudah seorang guru menyampaikan materinya, sebaliknya dengan siswa dapat menyerap materi dengan mudah. Media ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pola pikir siswa, dengan adanya media ini pula seorang guru bisa mengefisienkan waktu. Ruang dan waktu biasanya menjadi sebuah hambatan dalam proses pembelajaran, tetapi dengan tersedianya sebuah media akan dapat membantu guru maupun siswa bisa lebih menggunakan waktunya dengan baik karena materi yang disampaikan akan mudah di pahami oleh seorang siswa. Penggunaan media lingkungan yang berbasis eksperimen merupakan sebuah kegiatan yng dilkukan oleh seorng siswa atau mahasiswa dengan terjun langsung ke sebuah tempat yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran. Adanya media ini dapat membantu tujuan dalam sebuah proses pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Muhammad Saleh, 2012, Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Pendidikan MatematikaRealistic, Jurnal Pendidikan Ilmu. 13 (2). 52

Unang Wahidin, Ahmad Syaefuddin. 2018. Media Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. 7 (1). 50-51

Joni Purwono, Yutmini, Sri Anitah. 2014. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (2). 128

Muh. Sain Hanafy. 2014. Konsep Belajar Dan Pembelajaran 17 (1). 1

Sunhaji, 2014. Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran II (2) 33

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan 1 (1) 25-26

Analisa Yohana. 2011. Studi Tentang Media Pembelajaran. 14

Yuli Sectio Rini, 2012. Pendidikan, hakekat,Tujuan dan Proses. 5-11

Tesniyadi, D. 2018. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Martaddianna Yenninura Widyastanti, 2014. Pemanfaattan Media Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SDN Mojokumpul 1Mojokerto. 02 (03). 03


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP