IDENTIFIKASI KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN KONSEP INDUKSI ELEKTROMAGNETIK DI SMA
Abstract
Induksielektromagnetikmerupakansalahsatumaterifisika yang harusdikuasaisiswa SMA. Penelitianinimerupakanpenelitianpendahuluan yang difokuskanpadaidentifikasikesulitanpembelajarandanpemahamanmateriinduksielektromagnetikdarisisi guru dalamhalpenyampaianmateridandarisisisiswa yang harusmemahamimateri. Metode yang digunakanadalahkualitatifdenganteknik survey. Sampelpenelitianberjumlah 30 siswasalahsatu SMA di Banten yang telahmemperolehpembelajaraninduksielektromagnetikdan 13 guru fisika di kabupatenPandeglang yang diambilsecaraacak. Instrumentes yang digunakanmerujukpadatesstandarpemahamankonsep yang dikembangkanoleh Douglas C. Giancolli (2014). Hasilpenelitianmenunjukkanbeberapakesulitanterbanyaksiswasebagaiberikut. Pertama, kesulitansiswadalammenentukanaraharusinduksipadakumparan. Kedua, kesulitansiswadalammenentukanarusinduksipada loop. Ketiga, kesulitansiswadalammemahami Gaya GerakListrik. Sedangkanbagi guru kesulitanmenyampaikanmateriinduksielektromagnetikterutamaterkaittentangkonseparusinduksi.
Full Text:
PDFReferences
Surya, M.,Amin, M., ‘Pengajaran Remidial’, Jakarta, Depdikbud(1984)
Heron, P.R.L., McDermott, L.C. ‘ Bridging the gap. Between teaching and learning in geometrical optics’, Optics & Photonics News, Sept. p. 30-36.(1998)
Mc Dermott, L.C. ‘Improving the teaching of science through discipline-based education research : An example from physics’. Eur. J. Sci. Math. Ed.1(1), p. 1-12.(2013)
Beichner, Robert J. Testing Student interpretation of kinemaics graphs. Am.J. Phys.62 (8), August 1994. American Assosiation of Physics Teachers. (1994)
Beichner, Robert J. Test of Understanding Graphs- Kinematics version 2.6. North Carolina State University Department of
Physics Raleigh, NC 27695-8202 [email protected].(1996)
Douglas, Ginacoli,. Fisika Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Karim, Saeful, dkk. Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Momentum. JPPPF 1 (1), 85-90.
Karim S , Saepuzaman D, Sriyansyah SP. The Learning Reconstruction of Particle System and Linear Momentum Conservation in Introductory Physics Course. Journal of Physics: Conference Series, 2016.
Saepuzaman, D Karim S. Desain Pembelajaran Student’s Conceptual Construction Guider Berdasarkan Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Gerak Parabola. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA