PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RYBLE PERIODIC BLOG MENGGUNAKAN METODE SOCRATES PADA SUBTOPIK PERKEMBANGAN TABEL PERIODIK UNSUR

Ayunda Amaliyah, Imas Eva Wijayanti, Solfarina Solfarina

Abstract


Perkembangan tabel periodik unsur merupakan konsep paling dasar yang dapat membangun pemahaman awal konseptual peserta didik. Namun, bahan ajar yang ditemukan pada subtopik perkembangan tabel periodik unsur kurang dijabarkan secara utuh dan mendalam serta kurang mengaktifkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Akibatnya, menimbulkan ketidaktertarikan dan ketidakpahaman peserta didik dalam mempelajari materi tersebut. Melalui bahan ajar, diharapkan peserta didik dapat belajar secara mandiri sehingga bahan ajar yang digunakan haruslah menimbulkan ketertarikan dan mudah dipahami. Adanya pemanfaatan teknologi berbasis web dalam dunia pendidikan, bahan ajar dapat dikembangkan dan dikemas dalam bentuk media blog. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ryble Periodic Blog dengan menerapkan suatu metode yang dapat mendorong kemampuan berpikir peserta didik yaitu metode socrates yang terintegrasi dengan beberapa disposisi berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE yang memiliki tahapan Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate. Penelitian dilakukan di salah satu SMA di Kota Serang pada semester ganjil. Sampel dalam penelitian ini yaitu 11 peserta didik kelas X MIPA dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Ryble Periodic Blog diperoleh kategori sangat layak serta hasil sikap dan respon peserta didik diperoleh kategori aktif dan baik, sehingga media pembelajaran Ryble Periodic Blog layak dan baik untuk digunakan. Kata kunci: tabel periodik unsur, disposisi berpikir kritis, ADDIE, Ryble Periodic Blog

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. and Murtado, A. (2016) Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif.

Bandung: Satu Nusa.

Azhar, S. (2012) Reliabilitas dan Validitas. 4th edn. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darmawan, D., Kartawinata, H. and Astorina, W. (2018) ‘Development of web-based

Electronic Learning System (WELS) in improving the effectiveness of the study at

vocational high school “Dharma Nusantara”’, Journal of Computer Science, 14(4), pp.

–573. doi: 10.3844/jcssp.2018.562.573.

Dhimas, A. (2013) Cara Merancang Storyboard Untuk Animasi Keren. Yogyakarta: Taka.

Diana, P., Marethi, I. and Pamungkas, A. S. (2020) ‘Kemampuan Pemahaman Konsep

Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik’, Supremum Journal of

Mathematics Education, 4(1), pp. 24–32.

Ernawati and Nasir, A. M. (2018) ‘Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual

Berbasis Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Statistika Dasar’, Jurnal Penelitian dan

Pendidikan Matematika, 1(2), pp. 31–44.

Facione, P. A. et al. (2000) ‘The Disposition Toward Critical Thinking’, Journal of General

Education, 44(1), pp. 1–25.

Faizin, K. (2018) ‘Pemanfaatan Jurnal Refleksi Sebagai Strategi Metakognitif Dalam

Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika’, Lentera Pendidikan : Jurnal

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), pp. 33–47. doi: 10.24252/lp.2018v21n1i4.

Hamzah (2008) Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hariyadi, S. (2014) ‘Bertanya, Pemicu Kreativitas Dalam Interaksi Belajar’, Jurnal Biologi

Science & Education, 3(2), pp. 143–158.

Kesuma, D. (2013) ‘Pembelajaran Socrates Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari

Proses Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis’.

Lestari, I. (2013) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Niaz, M. and Luiggi, M. (2014) Facilitating Conceptual Change in Students’ Understanding

of the Periodic Table, International Journal of Science Education. doi:

1080/09500690110074044.

Nurohman, S. (2012) ‘Pemanfaatan Free Weblog Sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis

Web’, pp. 1–16.

Oktavia, H., Sadiana, I. M. and Asi, N. B. (2019) ‘Profil Penguasaan Konsep Sistem Periodik

Unsur pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran

/2019’, Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(02), pp. 321–340.

Permendikbud (2018) ‘Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 37 Tahun 2018

Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada

Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah’. Jakarta.

Robinson, A. (2018) Creating a Symbol of Science : The Development of a Standard Periodic

Table of the Elements. University of Massachusetts Amherst. Disertasi Doktor. Available

at: https://scholarworks.umass.edu/dissertations_2/1385.

Rokhman, M. N., Sardiman and Pramandanu, R. (2014) Pengembangan Media Blog Sejarah

Untuk Pembelajaran Sejarah di SMA. Laporan penelitian, Fakultas Ilmu Sosial.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman (2015) Pembelajaran Tematik Terpadu Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Santayasa, I. W. (2007) ‘Landasan Konseptual Media Pembelajaran’, in Prosiding Workshop

Media Pembelajaran. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha, p. 4.

Sartono (2016) ‘Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah’, Jurnal

Transformatika, 12(1), pp. 120–134.

Sholihah, D. A. and Shanti, W. N. (2017) ‘Disposisi Berpikir Kritis Matematis Dalam

Pembelajaran Menggunakan Metode Socrates’, 4(2), pp. 1–9.

Solchan et al. (2014) Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas

Terbuka.

Subakti, Y. R. (2010) ‘Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Kontruktivisme’, 24(1).

Sulasmianti, N. (2018) ‘Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran’, Jurnal Teknologi

Pendidikan, 22(2), pp. 143–158.

Susilawati, I. (2012) Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Didasarkan pada Model Pembelajaran STAD dan PBL. Universitas Negeri Malang.

Tarigan, H. G. and Tarigan, D. (2009) Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung:

Angkasa.

Tesfamariam, G. M. and Ejigu, M. A. (2019) ‘Are History Aspects Related to the Periodic

Table Considered in Ethiopian Secondary School Chemistry Textbooks ?’, 3(2), pp. 75–

doi: 10.13128/Substantia-572.

Widoyoko, S. E. P. (2012) Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: PustakaBelajar.

Winasih, Y. (2009) Peningkatan Respon Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan

Ketrampilan Proses.

Yoni, A. and dkk (2012) Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Yunarti, T. (2011) Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir

Kritis Siswa SMA. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP