PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RYBLE PERIODIC BLOG MENGGUNAKAN METODE SOCRATES PADA SUBTOPIK PERKEMBANGAN TABEL PERIODIK UNSUR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. and Murtado, A. (2016) Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif.
Bandung: Satu Nusa.
Azhar, S. (2012) Reliabilitas dan Validitas. 4th edn. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Darmawan, D., Kartawinata, H. and Astorina, W. (2018) ‘Development of web-based
Electronic Learning System (WELS) in improving the effectiveness of the study at
vocational high school “Dharma Nusantara”’, Journal of Computer Science, 14(4), pp.
–573. doi: 10.3844/jcssp.2018.562.573.
Dhimas, A. (2013) Cara Merancang Storyboard Untuk Animasi Keren. Yogyakarta: Taka.
Diana, P., Marethi, I. and Pamungkas, A. S. (2020) ‘Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik’, Supremum Journal of
Mathematics Education, 4(1), pp. 24–32.
Ernawati and Nasir, A. M. (2018) ‘Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual
Berbasis Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Statistika Dasar’, Jurnal Penelitian dan
Pendidikan Matematika, 1(2), pp. 31–44.
Facione, P. A. et al. (2000) ‘The Disposition Toward Critical Thinking’, Journal of General
Education, 44(1), pp. 1–25.
Faizin, K. (2018) ‘Pemanfaatan Jurnal Refleksi Sebagai Strategi Metakognitif Dalam
Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika’, Lentera Pendidikan : Jurnal
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), pp. 33–47. doi: 10.24252/lp.2018v21n1i4.
Hamzah (2008) Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hariyadi, S. (2014) ‘Bertanya, Pemicu Kreativitas Dalam Interaksi Belajar’, Jurnal Biologi
Science & Education, 3(2), pp. 143–158.
Kesuma, D. (2013) ‘Pembelajaran Socrates Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari
Proses Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis’.
Lestari, I. (2013) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.
Niaz, M. and Luiggi, M. (2014) Facilitating Conceptual Change in Students’ Understanding
of the Periodic Table, International Journal of Science Education. doi:
1080/09500690110074044.
Nurohman, S. (2012) ‘Pemanfaatan Free Weblog Sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis
Web’, pp. 1–16.
Oktavia, H., Sadiana, I. M. and Asi, N. B. (2019) ‘Profil Penguasaan Konsep Sistem Periodik
Unsur pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran
/2019’, Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(02), pp. 321–340.
Permendikbud (2018) ‘Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 37 Tahun 2018
Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah’. Jakarta.
Robinson, A. (2018) Creating a Symbol of Science : The Development of a Standard Periodic
Table of the Elements. University of Massachusetts Amherst. Disertasi Doktor. Available
at: https://scholarworks.umass.edu/dissertations_2/1385.
Rokhman, M. N., Sardiman and Pramandanu, R. (2014) Pengembangan Media Blog Sejarah
Untuk Pembelajaran Sejarah di SMA. Laporan penelitian, Fakultas Ilmu Sosial.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusman (2015) Pembelajaran Tematik Terpadu Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Santayasa, I. W. (2007) ‘Landasan Konseptual Media Pembelajaran’, in Prosiding Workshop
Media Pembelajaran. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha, p. 4.
Sartono (2016) ‘Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah’, Jurnal
Transformatika, 12(1), pp. 120–134.
Sholihah, D. A. and Shanti, W. N. (2017) ‘Disposisi Berpikir Kritis Matematis Dalam
Pembelajaran Menggunakan Metode Socrates’, 4(2), pp. 1–9.
Solchan et al. (2014) Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas
Terbuka.
Subakti, Y. R. (2010) ‘Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Kontruktivisme’, 24(1).
Sulasmianti, N. (2018) ‘Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran’, Jurnal Teknologi
Pendidikan, 22(2), pp. 143–158.
Susilawati, I. (2012) Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Didasarkan pada Model Pembelajaran STAD dan PBL. Universitas Negeri Malang.
Tarigan, H. G. and Tarigan, D. (2009) Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung:
Angkasa.
Tesfamariam, G. M. and Ejigu, M. A. (2019) ‘Are History Aspects Related to the Periodic
Table Considered in Ethiopian Secondary School Chemistry Textbooks ?’, 3(2), pp. 75–
doi: 10.13128/Substantia-572.
Widoyoko, S. E. P. (2012) Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: PustakaBelajar.
Winasih, Y. (2009) Peningkatan Respon Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan
Ketrampilan Proses.
Yoni, A. and dkk (2012) Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Yunarti, T. (2011) Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir
Kritis Siswa SMA. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP