NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MA

Asep Muhyidin

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy; dan 2) mendeskripsikan implikasi hasil penelitian bagi pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah simak. Data yang disimak dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam paragraf pada novel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menemukan nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy berupa: 1) nilai akidah; 2) nilai ibadah; dan 3) nilai akhlak. Novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy merupakan novel yang sangat religius. Novel ini menceritakan tokoh utama Fahri yang berpegang teguh pada ajaran agama yang dianutnya. Oleh karena itu, guru perlu mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan pada novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter di sekolah. Guru wajib membuat skenario pembelajaran meliputi pendahuluan, inti dan penutup.

Kata kunci: nilai-nilai pendidikan Islam, novel, pembelajaran bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Abrams, M.H. (1981). A Glosary in Literary Term. New York : Slot, Rinehart and

Winston.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2005. Al Quran dan Terjemahannya.

Bandung: Syamil Cipta Media.

El Shirazy, H. (2008). Ayat-Ayat Cinta. Jakarta: Republik.

Endraswara, S. (2008). Metode Penelitian Sastra . Yogyakarta: Media Pressindo.

Ferdiansyah. (2017). Nilai Profetik dan Pendidikan Islam Humanistik dalam Novel 99

Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra: Kajian

Semiotik dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra Indonesia di SMA. Jurnal

Kajian Linguistik dan Sastra, 2(1), 49-60. DOI:

https://doi.org/10.23917/kls.v2i1.5352

Isnainah, S. et.al. (1993). The representation of Islamic teaching in the novels

byHabiburrahman El Shirazy (The study of literary sociology and educational

values).Journal of Education and Practice, 4(13), 197-203. Retrieved from:

https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/6789/6902

Machali, I. (2014). Integrasi Pendidikan Anti Narkoba dalam Pendidikan Agama Islam dan

Budi Pekerti Kurikulum 2013. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 229-246. DOI:

21580/nw.2014.8.2.579

Mahayana, M.S. (2008). Fenomena Novel Islami. http://www. sastra-indonesia.com (diakses

Oktober 2020)

Moleong, L.J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, A. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem

Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229-246. Diakses dari

https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/560/507

Muhaimin dan Madjid, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosof dan Kerangka

Dasar Operasionalnya. Bandung: Trilegenda Karya.

Mulyadi. (2016). The Values of Moral Learning in Ketika Cinta Bertasbih Novel Written by

Habiburrahman El Shirazy. Al Ta’lim Journal, 23(2),156-168. DOI:

http://dx.doi.org/10.15548/jt.v23i2.167.

Nasir, M. (2015). Educational value of dream and reality psychoanalysis in Sang Pemimpi a

novel by Andrea Hirata. Al Ta’lim Journal, 22(1), 55-67. DOI:

http://dx.doi.org/10.15548/jt.v22i1.118

Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.

Ratna, N.K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka

Pelajar.

Salim, H. dan Kurniawan S. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Simanjuntak, M, Siburian, T.A., & Saragi, D. (2017). An analysis of character education

values in non-fiction novel Habibie dan Ainun created by Bacharuddin Jusuf Habibie

and its advantages as literature reading for Senior High School in Medan. British

Journal of Education, 5(11), 29-49. Retrieved from http://www.eajournals.org/wpcontent/

uploads/An-Analysis-Of-Character-Education-Values-In-Non-Fiction-Novel-

%E2%80%9CHabibie-Dan-Ainun.pdf

Subaidi. (2016). Konsep Pendidikan Islam dengan Paradigma Humanis (Nadwa: Jurnal

Pendidikan Islam, 10(1), 26-49. DOI: 10.21580/nw.2016.10.1.900

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: DutaWacana

University Press.

Sutomo, I. (2014). Modification of character education into akhlaq education for the global

community life. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(2), 291-316.

DOI: https://doi.org/10.18326/ijims.v4i2.291-316

Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Waluyo, H.J. (2002). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Salatiga: Widyasari.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP