NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy; dan 2) mendeskripsikan implikasi hasil penelitian bagi pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah simak. Data yang disimak dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam paragraf pada novel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menemukan nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy berupa: 1) nilai akidah; 2) nilai ibadah; dan 3) nilai akhlak. Novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy merupakan novel yang sangat religius. Novel ini menceritakan tokoh utama Fahri yang berpegang teguh pada ajaran agama yang dianutnya. Oleh karena itu, guru perlu mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan pada novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter di sekolah. Guru wajib membuat skenario pembelajaran meliputi pendahuluan, inti dan penutup.
Kata kunci: nilai-nilai pendidikan Islam, novel, pembelajaran bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Abrams, M.H. (1981). A Glosary in Literary Term. New York : Slot, Rinehart and
Winston.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2005. Al Quran dan Terjemahannya.
Bandung: Syamil Cipta Media.
El Shirazy, H. (2008). Ayat-Ayat Cinta. Jakarta: Republik.
Endraswara, S. (2008). Metode Penelitian Sastra . Yogyakarta: Media Pressindo.
Ferdiansyah. (2017). Nilai Profetik dan Pendidikan Islam Humanistik dalam Novel 99
Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra: Kajian
Semiotik dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra Indonesia di SMA. Jurnal
Kajian Linguistik dan Sastra, 2(1), 49-60. DOI:
https://doi.org/10.23917/kls.v2i1.5352
Isnainah, S. et.al. (1993). The representation of Islamic teaching in the novels
byHabiburrahman El Shirazy (The study of literary sociology and educational
values).Journal of Education and Practice, 4(13), 197-203. Retrieved from:
https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/6789/6902
Machali, I. (2014). Integrasi Pendidikan Anti Narkoba dalam Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Kurikulum 2013. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 229-246. DOI:
21580/nw.2014.8.2.579
Mahayana, M.S. (2008). Fenomena Novel Islami. http://www. sastra-indonesia.com (diakses
Oktober 2020)
Moleong, L.J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mudlofir, A. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem
Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229-246. Diakses dari
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/560/507
Muhaimin dan Madjid, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosof dan Kerangka
Dasar Operasionalnya. Bandung: Trilegenda Karya.
Mulyadi. (2016). The Values of Moral Learning in Ketika Cinta Bertasbih Novel Written by
Habiburrahman El Shirazy. Al Ta’lim Journal, 23(2),156-168. DOI:
http://dx.doi.org/10.15548/jt.v23i2.167.
Nasir, M. (2015). Educational value of dream and reality psychoanalysis in Sang Pemimpi a
novel by Andrea Hirata. Al Ta’lim Journal, 22(1), 55-67. DOI:
http://dx.doi.org/10.15548/jt.v22i1.118
Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.
Ratna, N.K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka
Pelajar.
Salim, H. dan Kurniawan S. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Simanjuntak, M, Siburian, T.A., & Saragi, D. (2017). An analysis of character education
values in non-fiction novel Habibie dan Ainun created by Bacharuddin Jusuf Habibie
and its advantages as literature reading for Senior High School in Medan. British
Journal of Education, 5(11), 29-49. Retrieved from http://www.eajournals.org/wpcontent/
uploads/An-Analysis-Of-Character-Education-Values-In-Non-Fiction-Novel-
%E2%80%9CHabibie-Dan-Ainun.pdf
Subaidi. (2016). Konsep Pendidikan Islam dengan Paradigma Humanis (Nadwa: Jurnal
Pendidikan Islam, 10(1), 26-49. DOI: 10.21580/nw.2016.10.1.900
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: DutaWacana
University Press.
Sutomo, I. (2014). Modification of character education into akhlaq education for the global
community life. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(2), 291-316.
DOI: https://doi.org/10.18326/ijims.v4i2.291-316
Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Waluyo, H.J. (2002). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Salatiga: Widyasari.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP