PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19

Fuja Siti Fujiawati, Reza Mauldy Raharja, Atep Iman

Abstract


Abstrak
Pandemi covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap dunia Pendidikan. Belajar dari rumah (BDR) menjadi pilihan yang tidak dapat dihindari mulai dari jenjang Pendidikan Dasar sampai jenjang Pendidikan Tinggi, begitupun untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah (BDR) yang dilakukan guru PAUD, terutama dalam pemanfaatan media yang digunakan dalam memfasilitasi kegiatan Belajar dari Rumah di masa pandemic seperti saat ini. Berbagai upaya dilakukan Guru PAUD dalam memfasilitasi kegiatan belajar dari rumah untuk anak usia dini. Adapun metode yang digunakan adalah dengan pendekatan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan studi literatur dan juga survei terhadap
guru PAUD di Kecamatan Curug Kota Serang Banten. Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) untuk anak usia dini dilakukan dengan berbagai metode baik secara daring (dengan jarinagn) maupun luring (tanpa jaringan). Namun berbagai permasalahan muncul pada saat pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah. Adapun beberapa upaya yang dapat mengoptimalkan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) untuk anak usia dini dimasa pandemic
seperti saat ini diantaranya adalah kemampuan pendidik (guru PAUD) dalam menggunakan berbagai media untuk mendukung kegiatan Belajar dari rumah (BDR), serta dukungan dari orang tua terhadap pelaksanaan kegiatan Belajar dari rumah (BDR)
Kata Kunci : Teknologi, Pendidikan Anak Usia Dini, Belajar dari Rumah, Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2005 Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Jakarta : Depdiknas

Direktor Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik

Anak Di Era Digital, Jakarta : Kemendikbud

Fahmi. 2015. Permasalahan Anak Usia Dini, Serang ; Untirta Press

Latif, M Dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta ; Kencana Prenada

Media Group

Mulyasa, E. 2012. Manajemen PAUD, Bandung ; Remaja Rosda Karya

Rakhmat, C. 2006. Psikologi Pendidikan, Bahan Belajar Mandiri, Bandung ; UPI Press

Rusman. 2011 Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung ;

Rajagrafindo Persada

Semiawan, C.R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar, Jakarta :

Indeks

Suyadi. 2013 Konsep Dasar PAUD, Bandung ; Remaja Rosda Karya

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumber Lainnya

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Mentri Pendidikan dan kebudayaan tentang Pelaksanaan

Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19)

Data Dapodik Kemendikbud. 2017. Data tersedia online.

http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=286200&level=2diakses 15

Juni 2017

____2017. Pendidikan anak usia dini. Jakarta. Tersedia Online

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini diakses 15 Juni 2019

____2017. Peran guru dalam era globalisasi. Jakarta tersedia online

http://www.kompasiana.com/noviana-trilestari/peran-guru-dalam-eraglobalisasi_

bda33311e742ba7f19 diakses 15 Juni 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP