PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
Pandemi covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap dunia Pendidikan. Belajar dari rumah (BDR) menjadi pilihan yang tidak dapat dihindari mulai dari jenjang Pendidikan Dasar sampai jenjang Pendidikan Tinggi, begitupun untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah (BDR) yang dilakukan guru PAUD, terutama dalam pemanfaatan media yang digunakan dalam memfasilitasi kegiatan Belajar dari Rumah di masa pandemic seperti saat ini. Berbagai upaya dilakukan Guru PAUD dalam memfasilitasi kegiatan belajar dari rumah untuk anak usia dini. Adapun metode yang digunakan adalah dengan pendekatan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan studi literatur dan juga survei terhadap
guru PAUD di Kecamatan Curug Kota Serang Banten. Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) untuk anak usia dini dilakukan dengan berbagai metode baik secara daring (dengan jarinagn) maupun luring (tanpa jaringan). Namun berbagai permasalahan muncul pada saat pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah. Adapun beberapa upaya yang dapat mengoptimalkan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) untuk anak usia dini dimasa pandemic
seperti saat ini diantaranya adalah kemampuan pendidik (guru PAUD) dalam menggunakan berbagai media untuk mendukung kegiatan Belajar dari rumah (BDR), serta dukungan dari orang tua terhadap pelaksanaan kegiatan Belajar dari rumah (BDR)
Kata Kunci : Teknologi, Pendidikan Anak Usia Dini, Belajar dari Rumah, Pandemi Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2005 Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Jakarta : Depdiknas
Direktor Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik
Anak Di Era Digital, Jakarta : Kemendikbud
Fahmi. 2015. Permasalahan Anak Usia Dini, Serang ; Untirta Press
Latif, M Dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta ; Kencana Prenada
Media Group
Mulyasa, E. 2012. Manajemen PAUD, Bandung ; Remaja Rosda Karya
Rakhmat, C. 2006. Psikologi Pendidikan, Bahan Belajar Mandiri, Bandung ; UPI Press
Rusman. 2011 Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung ;
Rajagrafindo Persada
Semiawan, C.R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar, Jakarta :
Indeks
Suyadi. 2013 Konsep Dasar PAUD, Bandung ; Remaja Rosda Karya
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumber Lainnya
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Mentri Pendidikan dan kebudayaan tentang Pelaksanaan
Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19)
Data Dapodik Kemendikbud. 2017. Data tersedia online.
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=286200&level=2diakses 15
Juni 2017
____2017. Pendidikan anak usia dini. Jakarta. Tersedia Online
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini diakses 15 Juni 2019
____2017. Peran guru dalam era globalisasi. Jakarta tersedia online
http://www.kompasiana.com/noviana-trilestari/peran-guru-dalam-eraglobalisasi_
bda33311e742ba7f19 diakses 15 Juni 2019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP