KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN BIOLOGI UNTIRTA DALAM PEMBUATAN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS)
Abstract
Abstrak Keterampilan abad 21 menuntut mahasiswa calon guru biologi untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi di dalam pembelajarannya. Salah satu kemampuan tersebut adalah mahasiswa mampu melakukan penilaian dalam pembelajaran dengan membuat soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang baik dan tepat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru biologi dalam pembuatan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,1% mahasiswa telah memiliki pemahaman yang cukup baik terkait soal HOTS dan 48,3% mahasiswa masih kurang baik dalam membuat soalnya.
Kata kunci: biologi, kemampuan mahasiswa, HOTS (Higher Order Thinking Skill)
Full Text:
PDFReferences
Kemendikbud. (2018) Buku Penilaian Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills:
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta:
Kemendikbud.
Lendi, NT. (2015) Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan
Dasar. Vol 6 No. 2
Maharani, E. (2018) Kemendikbud Akui Banyak Guru Salah Persepsi Terkait HOTS. Dalam
Republika.co.id, 27 Desember 2018. Jakarta.
Saputra, Hatta. (2016) Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan
Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Bandung:
SMILE’s Publishing.
Yusdi, M. (2010) Penilaian Prestasi Kerja. Jakarta: Balai Pustaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP