KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN BIOLOGI UNTIRTA DALAM PEMBUATAN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS)

Iing Dwi Lestari

Abstract


Abstrak Keterampilan abad 21 menuntut mahasiswa calon guru biologi untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi di dalam pembelajarannya. Salah satu kemampuan tersebut adalah mahasiswa mampu melakukan penilaian dalam pembelajaran dengan membuat soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang baik dan tepat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru biologi dalam pembuatan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,1% mahasiswa telah memiliki pemahaman yang cukup baik terkait soal HOTS dan 48,3% mahasiswa masih kurang baik dalam membuat soalnya.

Kata kunci: biologi, kemampuan mahasiswa, HOTS (Higher Order Thinking Skill)


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2018) Buku Penilaian Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills:

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta:

Kemendikbud.

Lendi, NT. (2015) Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Dasar. Vol 6 No. 2

Maharani, E. (2018) Kemendikbud Akui Banyak Guru Salah Persepsi Terkait HOTS. Dalam

Republika.co.id, 27 Desember 2018. Jakarta.

Saputra, Hatta. (2016) Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan

Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Bandung:

SMILE’s Publishing.

Yusdi, M. (2010) Penilaian Prestasi Kerja. Jakarta: Balai Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP