IDENTIFIKASI KOMPONEN LITERASI LINGKUNGAN DI BUKU BIOLOGI SMA

Suroso Mukti Leksono, Adi Nestiadi, Encep Andriana, Annisa Firdausy, Eli Nurjanah, Mufriyatus Shofa, Pipit Marianingsih

Abstract


Abstrak Masalah lingkungan telah menjadi isu global. Mempersiapkan individu yang memiliki pengetahuan serta kemampuan untuk dapat menentukan sikap terhadap isu-isu lingkungan yang ada saat ini serta untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga keseimbangannya sangat diperlukan. Nilai-nilai literasi lingkungan penting dimasukkan ke dalam buku teks pelajaran karena dapat meningkatkan kesadaran lingkungan, sehingga berpengaruh sejak dini terhadap sikap dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifiaksi komponen literasi lingkungan yang ada dalam buku teks pelajaran biologi SMA (kelas X, XI, dan XII). Hasil penelitian menunjukkan secara umum komponen literasi lingkungan terdiri dari pengetahuan ekologi; pengetahuan isu-isu lingkungan; pengetahuan sosial politik; ketrampilan kognitif; afektif dan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan; serta perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan. Lebih lanjut, berdasarkan hasil identifikasi komponen-komponen literasi lingkungan yang sudah termuat pada buku biologi SMA adalah komponen pengetahuan sejarah lingkungan dan ekologi; pengetahuan isu-isu dan masalah lingkungan; serta afektif dan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan.

Kata kunci: biologi; buku; literasi lingkungan


Full Text:

PDF

References


Arnon, S., Orionb, S., Carmi, N. (2014). Environmental literacy components

and their promotion by institutions of higher education: an Israeli case study.

Environmental Education Research, 21(7).

El-Batri, B., Alami, A., Zaki. M. and Nafidi, Y. (2019). Extracurricular Environmental

Activities in Moroccan Middle Schools: Opportunities and Challenges to Promoting

Effective Environmental Education. European Journal of Educational Research, 8(4).

Erdogan, M., Kostova, Z., and Marcinkowski, T. (2009). Components of Environmental

Literacy in Elementary Science Education Curriculum in Bulgaria And Turkey. Eurasia

journal of mathematics, science & technology education, 5(1).

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H. and Suhery, T. (2018). Pengembangan dan Validasi

Instrumen Evaluasi Literasi Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian

Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 5(1).

Goldman, D., Yavetz, B. and Pe'er, S. (2014). Student Teachers' Attainment of Environmental

Literacy in Relation to their Disciplinary Major during Undergraduate Studies.

International Journal of Environmental & Science Education, 9(4).

Ilma, S. and Wijarini, F. (2017). Developing of Environmental Education Textbook Based on

Local Potencies (pengembangan buku teks pendidikan lingkungan berdasarkan potensi

local). Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3).

Istikomayanti, Y., Hadi, S., and Hanie, I. M. (2016). Pembelajaran Eksperiensial Group

Investigation (Gi) Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Literasi Lingkungan

Siswa Kelas IV MI. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1).

Karimzedegan, H. & Meiboudi, H. (2012). Exploration of Environmental Literacy in Science

Education Curriculum in Primary Schools in Iran. Procedia - Social and Behavioral

Sciences, 46.

Komariyah, N., Yusup, P.M., Saepudin, E., and Rodiah, S. (2017). Pendidikan Literasi

Lingkungan Sebagai Penunjang Desa Wisata Agro Kecamatan Padaherang Kabupaten

Pangandaran. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 6(2).

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran

Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2).

McBeth, W. and Volk, T. L. (2010). The National Environmental Literacy Project: A

Baseline Study of Middle Grade Students in the United States. Journal of

Environmental Education, 41(1).

McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A.R., and Borrie, W. T. (2013). Environmental

literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here?

Ecosphere, 4(5).

Meilinda, H., Prayitno, B. A., and Karyanto, P. (2017). Student's Environmental Literacy

Profile of Adiwiyata Green School in Surakarta, Indonesia. Journal of Education and

Learning, 11(3).

Saltan, F. and Divarci, O. F. (2017). Using Blogs to Improve Elementary School Students’

Environmental Literacy in Science Class. European Journal of Educational Research,

(3).

Ulfah, M., Slamet, S., and Tien, A. (2020). The completeness of environmental literacy

aspects studied in the articles published in several countries. Jurnal pendidikan biologi

Indonesia, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP