IDENTIFIKASI KOMPONEN LITERASI LINGKUNGAN DI BUKU BIOLOGI SMA
Abstract
Abstrak Masalah lingkungan telah menjadi isu global. Mempersiapkan individu yang memiliki pengetahuan serta kemampuan untuk dapat menentukan sikap terhadap isu-isu lingkungan yang ada saat ini serta untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga keseimbangannya sangat diperlukan. Nilai-nilai literasi lingkungan penting dimasukkan ke dalam buku teks pelajaran karena dapat meningkatkan kesadaran lingkungan, sehingga berpengaruh sejak dini terhadap sikap dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifiaksi komponen literasi lingkungan yang ada dalam buku teks pelajaran biologi SMA (kelas X, XI, dan XII). Hasil penelitian menunjukkan secara umum komponen literasi lingkungan terdiri dari pengetahuan ekologi; pengetahuan isu-isu lingkungan; pengetahuan sosial politik; ketrampilan kognitif; afektif dan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan; serta perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan. Lebih lanjut, berdasarkan hasil identifikasi komponen-komponen literasi lingkungan yang sudah termuat pada buku biologi SMA adalah komponen pengetahuan sejarah lingkungan dan ekologi; pengetahuan isu-isu dan masalah lingkungan; serta afektif dan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan.
Kata kunci: biologi; buku; literasi lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Arnon, S., Orionb, S., Carmi, N. (2014). Environmental literacy components
and their promotion by institutions of higher education: an Israeli case study.
Environmental Education Research, 21(7).
El-Batri, B., Alami, A., Zaki. M. and Nafidi, Y. (2019). Extracurricular Environmental
Activities in Moroccan Middle Schools: Opportunities and Challenges to Promoting
Effective Environmental Education. European Journal of Educational Research, 8(4).
Erdogan, M., Kostova, Z., and Marcinkowski, T. (2009). Components of Environmental
Literacy in Elementary Science Education Curriculum in Bulgaria And Turkey. Eurasia
journal of mathematics, science & technology education, 5(1).
Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H. and Suhery, T. (2018). Pengembangan dan Validasi
Instrumen Evaluasi Literasi Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian
Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 5(1).
Goldman, D., Yavetz, B. and Pe'er, S. (2014). Student Teachers' Attainment of Environmental
Literacy in Relation to their Disciplinary Major during Undergraduate Studies.
International Journal of Environmental & Science Education, 9(4).
Ilma, S. and Wijarini, F. (2017). Developing of Environmental Education Textbook Based on
Local Potencies (pengembangan buku teks pendidikan lingkungan berdasarkan potensi
local). Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3).
Istikomayanti, Y., Hadi, S., and Hanie, I. M. (2016). Pembelajaran Eksperiensial Group
Investigation (Gi) Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Literasi Lingkungan
Siswa Kelas IV MI. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1).
Karimzedegan, H. & Meiboudi, H. (2012). Exploration of Environmental Literacy in Science
Education Curriculum in Primary Schools in Iran. Procedia - Social and Behavioral
Sciences, 46.
Komariyah, N., Yusup, P.M., Saepudin, E., and Rodiah, S. (2017). Pendidikan Literasi
Lingkungan Sebagai Penunjang Desa Wisata Agro Kecamatan Padaherang Kabupaten
Pangandaran. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 6(2).
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran
Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2).
McBeth, W. and Volk, T. L. (2010). The National Environmental Literacy Project: A
Baseline Study of Middle Grade Students in the United States. Journal of
Environmental Education, 41(1).
McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A.R., and Borrie, W. T. (2013). Environmental
literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here?
Ecosphere, 4(5).
Meilinda, H., Prayitno, B. A., and Karyanto, P. (2017). Student's Environmental Literacy
Profile of Adiwiyata Green School in Surakarta, Indonesia. Journal of Education and
Learning, 11(3).
Saltan, F. and Divarci, O. F. (2017). Using Blogs to Improve Elementary School Students’
Environmental Literacy in Science Class. European Journal of Educational Research,
(3).
Ulfah, M., Slamet, S., and Tien, A. (2020). The completeness of environmental literacy
aspects studied in the articles published in several countries. Jurnal pendidikan biologi
Indonesia, 6(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP