ANALISIS METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PEMECAHAN SOAL OLIMPIADE FISIKA

Rahmat Firman Septiyanto, Isriyanti Affifah

Abstract


Abstrak Salah satu bidang olimpiade sains yang dikompetisikan adalah Fisika. Pada bidang ini, seringkali yang memperoleh medali adalah Perguruan tinggi yang setiap tahun selalu memboyong medali- medali baik emas, perak, maupun perunggu. Sedangkan untuk perguruan yang lain tidak berhasil membawa pulang medali. Beberapa penyebab kurang berhasilnya Untirta menembus skala Nasional diantaranya adalah kurangnya persiapan dalam mengikuti Olimpiade Fisika, terbatasnya penegetahuan mahasiswa terhadapa tipe tipe soal Olimpiade Fisika, dan kurangnya dasar-dasar pemahaman mahasiswa pada soal-soal Fisika pada kompetesi nasional ini serta terbatasnya waktu pembinaan saat kompetensi akan berlangsung. Adapun metode yang bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade Fisika adalah metode drill. Metode ini merupakan suatu kegiatan melakukan hal yang sama, berulang-ulang secara sungguh-sungguh. Melalui metode ini diharapkan, mahasiswa akan terbiasa dengan jenis soal olimpiade fisika sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade fisika tersebut. Peningkatan kemampuan rata-rata setelah pemberian metode drill adalah sekitar lima kali lipat dari sebelum pembelajaran metode drill.

Kata kunci : metode drill, olimpiade fisika, universitas


Full Text:

PDF

References


Pedoman ON MIPA PT 2015, DIKTI

http://pertamina.com/osn/

Sudjana, Nana Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru, 1991)

Ahmad, Abu Metode Khusus Pendidikan Agama (Bandung: CV. Amrico, 1986), 152.

Ahmad, Abu Metode Khusus Pendidikan Agama (Bandung: CV. Amrico, 1986), 125.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT. RinekaCipta, 1996), 108.

Sudjana, Nana Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru, 1991)

Surakhmad, Surakhmad Pengantar Interaksi Belajar Mengajar (Bandung: Tarsito, 1994)

Abdul Mujib, Muhaimin Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: Trigenda Karya, 1993)

Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Bina Aksara, 1985)

Pasaribu dan Simandjuntak, Didaktikdan Metodik (Bandung: Tarsito, 1986)

Surakhmad, Winarno Pengantar Interaksi Belajar Mengajar (Bandung: Tarsito, 1994)

Drill and Practice (April 20, 2011)

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT. Rineka

Cipta, 1996)

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP