PERAN ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN FILM ANIMASI ISLAMI UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Luluk Asmawati

Abstract


Abstrak: Orangtua memiliki peran utama dan pertama dalam pengembangan nilai-nilai agama pada anak usia dini. Pada masa pandemik covid 19 orangtua harus mendampingi dan membantu anak belajar dari rumah. Tujuan kajian pustaka: 1) mengetahui inovasi pembelajaran nilai-nilai agama yang dilakukan oleh orangtua, 2) mengetahui kemampuan nilai-nilai agama yang harus dikembangan pada anak usia 4-5 tahun. Isu-isu pokok pada penelitian ini: 1) orangtua menstimulasi pengembangan dasar-dasar akidah atau pengenalan adanya Allah melalui penciptaanNya, 2) orangtua mengenalkan ibadah sholat pada anak, 3) orangtua mengembangkan akhlak atau perilaku yang baik pada anak. Alternatif pemecahan masalah: 1) metode menonton film animasi Islam anak dengan orangtua, 2) metode keteladanan orangtua, 3) metode pembiasaan, 4) metode praktek langsung.

Kata kunci: orangtua, animasi, anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Abercronbie, Nicholas. (1996). Television and Society. Cambridge: Polity Press.

Ahmadzeni. (2018). Pengertian Animasi (Online). http://en.wikipedia.org/wiki/film. Diakses 16

November 2020.

Azhar. (2020). Pengertian, Prinsip-prinsip dan Perbedaan Animasi.

http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materianimasi.pdf. Diakses, 17 November 2020.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.

Jakarta: Direktorat PAUD, Dirjen PNFI Kementrian Pendidikan Nasional.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Kurikulum

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan .

Docy Van Kendeng. (2020). Pendidikan dan Keluarga: Peranan Orangtua Terhadap Pengaruh

Media Televisi Pada Anak. (Online). http://historyupi.blogspot.com/2020/02/pendidikandan-keluarga.html.

Erzad, A.M., (2017). Peran Orangtua dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga.

Thufula, 5 (2), 414-431.

Faridayanti; Joni; Vigi Indah Permatasari. (2020). Peran Orangtua Dalam Menanamkan Ibadah

Sholat Pada Anak Usia Dini Di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir Kab. Kampar.

Journal of Teacher Education. Volume 2. Nomor 1. Tahun 2020. Halaman 125-136.

J.Goode, William. (2018). Sosiologi Keluarga. Bandung: Rafika Aditama.

Kim, Y.B., (2017). Young Children in The Digital Age. Nevada: University of Nevada Cooperation

Extension.

Lailiyatul, Selfi Iftitah; Novdiyana Faridhatul Anawaty. (2020). Peran Orangtua Dalam

Mendampingi Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal of Childhood Education.

Volume 4. Nomor 2. Tahun 2020. Halaman 71-81. E-ISSN 2620-3278, P-ISSN 2598-2184.

Livingstone, S., Mascheroni, G. rainer, M., Chaudron, S., and Lagae, K. (2016) How Parents of

Young Children Manage Digital Devices at Home: The Role of Income, Education, and

Parental Style. London: EV.Kids online, LSE.

Mayer, R.E & Anderson, R.B. (1992). Animasi Pembelajaran Membantu Peserta Didik

Membangun Hubungan Antara Kata dan Gambar Dalam Media Pembelajaran. Jurnal

Psikologi Pendidikan. 84, 444-452.

Melina, Nurfina Fitri. (2019). Nusa dan Rara: Gebrakan Anaimasi Indonesia.

https://www.tribunnews.com/seleb/2020/11/17/nusa-dan-rara-gebarkan-animasi Indoensiasiapa-sih-dibelakangnya 19 Novmeber 2020.

Prianto, C., (2020). Pembelajaran Bermakna Di Tengah Pandemik Covid-19. Surabaya: Yayasan

Kita Menulis.

Retia Kartika, Dewi. (2020). NUSSA: Animasi Dalam Negeri Yang Hadirkan Hiburan Mendidik

Untuk Anak. https://entertaiment.kompas.com/read/2020/11/16/nussa-animasi-dalam-negeriyang-hadirkan-hiburan-mendidik-untuk-anak?page-all. Diakses, 16 November 2020.

Setiawan, David. (2020). KPAI: 7 Film Kartun Ini Ramah Bagi Anak Versi KPI. Diakses: 19

November 2020. hhtp://kpai.go.id/2020/20/11. Film kartun ini ramah bagi anak versi

KPAI.html.

Suwarhatha. (2017). Anak dan Psikologi Sosial. Bandung: Rafika Aditama.

Trianto, Teguh. (2019). Film Sebagai Media Belajar. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Trisnadewi, K & Muliani, N.M., (2020). Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.

Surabaya: Yayasan Kita Menulis.

Waliyanto. (2016). Perancangan Film Kartun Berbasis Sel (Cell Animation). (Online).

http://www.tokoanimasi.com. Diakses 16 November 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP