TREND PENELITIAN PENGEMBANGAN BIDANG PENDIDIKAN MATEMATIKA
Abstract
Abstrak Penelitian ini melaporkan tentang investigasi trend penelitian pengembangan yang dilakukan mahasiswa pada bidang pendidikan matematika baik di tingkat pendidikan dasar maupun menengah. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis produk yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah 101 mahasiswa yang mengampu skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika tahun akademik 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis didapatkan temuan sebanyak 27 jenis penelitian pengembangan, dengan spesifikasi produk yang dikembangkan yaitu produk digital sebanyak 51,85% dan non digital sebanyak (cetak) 48,15%. Produk digital yang dikembangkan menggunakan platform android (smartphone based learning), moodle (web based learning/virtual class), dan i-spring. Sedangkan produk non digital (cetak) mengembangkan lembar kerja siswa. Kedua jenis produk yang dikembangkan diintegrasikan dengan pendekatan pembelajaran tertentu (kontekstual, realistik, scaffolding, problem based, STEM), high order thinking skill (reflektif, literasi, kritis, kreatif), aspek psikologis (kemandirian belajar, minat, metakognitif) dan aspek budaya lokal (etnomatematika, kearifan lokal). Implikasi dari temuan tersebut adalah perlu adanya penelitian lanjutan tentang efektivitas penggunaan produk yang dikembangkan terhadap kemampuan matematika atau aspek lain.
Keywords: pengembangan, digital, non digital, bahan ajar
Full Text:
PDFReferences
Borg and Gall (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London. Longman
Inc.
Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di
Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17-22.
Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and
Application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Compan.
Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
Plomp, Tj. (1994). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational
&Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch).Utrecht
(the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology,
University of Twente
Rita C. Richey, J. D. K., Wayne A. Nelson. (2009). Developmental Research : Studies of
Instructional Design and Development.
Schwab, K. 2018. Insight Report: The Global Competitiveness Report 2018. Switzerland: Word
Economic Forum.
Van den Akker J. (1999). Principles and Methods of Development Research. Pada J. van den
Akker, R.Branch, K. Gustafson, Nieven, dan T. Plomp (eds), Design Approaches and Tools
in Education and Training (pp. 1-14). Dortrech: Kluwer Academic Publishers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP