PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA IDENTIFIKASI PERMASALAHAN ILMIAH (LEVEL 3) PADA SISWA SMA/MA SE-PROVINSI BANTEN

Mahrawi Mahrawi, Dwi Ratnasari, I’anatul Muafiyah, Ika Rifqiawati, Mila Ermila Hendriyani

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains pada identifikasi permasalahan ilmiah (level 3) pada siswa SMA/MA se-Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologis dengan desain penelitian menurut Bandur. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA/MA se-Provinsi Banten dengan jumlah responden 320 siswa yang berasal dari 16 sekolah meliputi masing-masing 1 sekolah negeri dan swasta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan non tes. Tes melalui soal literasi sains dan non tes melalui wawancara, angket, studi pustaka, dan dokumentasi (foto). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis menurut Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa SMA/MA se-Provinsi Banten pada identifikasi permasalahan ilmiah (level 3) termasuk dalam kategori sangat rendah dengan rata-rata skor 230,19.

Kata kunci: literasi sains, literasi sains se-Provinsi Banten, identifikasi permasalahan ilmiah (level 3)


Full Text:

Untitled

References


Abidin, Y., T. Mulyati & H. Yunansah., 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Albadar, S., 2019. Profil kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis masalah pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMAN 1 Banjarsari. Skripsi. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Ardiansyah, A, A, I., D. Irwandi & D. Murniati., 2016. Analisis literasi sains siswa kelas XII IPA pada materi hukum dasar kimia di Jakarta Selatan. Edukimia: jurnal kimia dan pendidikan, 1 (2), pp.149- 161.

Astuti, W., 2018. Berbagai metode dan model pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa. Prosiding seminar nasional MIPA IV. Diakses dari: http://conference.unsyiah.ac.id. 12 Oktober 2020, pk. 17.37.

Bandur, A., 2016. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVivo 11 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media

Effendi, M., 2017. Gerakan literasi Nasional materi pendukung literasi sains. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

Fleischman, H. L., P. J. Hopstock, M. P. Pelczar & B. E. Shelley., 2010. Highlights From PISA 2009: Performance of U.S. 15-Year-Old Students in Reading, Mathematics, and Science Literacy in an International Context (NCES 2011-004). Washington DC: U.S. Government Printing Office. Diakses dari: http://www.nces.ed.gov

Marfani, A., Fatmawati & S. N. Primawati., 2016. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) dipadu NHT (number heads together) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal ilmiah pendidikan biologi “Bioscientist”. 5 (1), pp.13-21.

Meika, I. & A. Sujana., 2017. Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPPM, 10 (2), pp.8-13.

Miles, M. B. & A. M. Huberman., 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru Terj. dari Qualitative Data Analysis oleh Rohidi, T. R. Jakarta: UI-Press.

Novaristiana, R., Y. Rinanto & M. Ramli., 2019. Scientific literacy profile in biological science of high school student. JPBI (jurnal pendidikan biologi indonesia), 5 (1), pp.9-16.

Novitasari, N., 2018. Profil kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru biologi. Biosfer: jurnal tadris pendidikan biologi, 9 (1), pp.36-44. Nugraheni, N. C., Paidi & Triatmanto., 2017. Kemampuan literasi sains kelas X SMA Negeri mata pelajaran biologi berdasarkan topografi wilayah Gunung kidul. Jurnal prodi pendidikan biologi, 6 (5), pp.261-271.

Nurjanah, A., A. Sudin & A. Sujana., 2017. Literasi sains dalam pembelajaran berbasis masalah (Penelitian preexperimental terhadap siswa kelompok atas, tengah, dan bawah SDN Waringin II dan SDN Palasah I di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka pada materi energi panas). Jurnal pena ilmiah, 2 (1), pp.581-590.

Odja, A. H. & C. S. Payu., 2014. Analisis kemampuan awal literasi sains siswa pada konsep IPA. Diakses dari http://repository.ung.ac.id. 16 November 2019, pk. 13.45.

OECD., 2007. PISA 2006 Science

Competencies for Tomorrow’s World Executive Summary. Paris: OECD Publishing. Diakses dari: https://www.oecdilibrary.org/educa tion/pisa-2006_9789264040014-en

OECD., 2019. Programme for international student assessment (pisa) result from pisa 2018. Diakses dari: https://www.oecd.org/pisa/publicati ons/PISA2018_CN_IDN.pdf. 23 Desember 2019, pk. 21.45.

Oktalya, R. P., 2019. Profil kemampuan literasi media siswa SMA dan Sederajat se-Kota Serang melalui situs jejaring sosial facebook (sebagai upaya dalam mengimplementasikan pem- belajaran abad 21). Skripsi. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Permatasari, P. & Z. Fitriza., 2019. Analisis literasi sains siswa Madrasah Aliyah pada aspek konten, konteks, dan kompetensi materi larutan penyangga. EKJ: edukimia jurnal, (1) 1, pp.53-59. PPP., 2018. Laporan hasil ujian nasional. Diakses dari: https://hasilun.puspendik.kemendik bud.go.id. 20 Januari 2020, pk.04.13.

Prastiwi, M. D. & T. Nurita., 2018. Kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII SMP. E- journal pena, 6 (2), pp.98-103.

Putra, I.B.P.A., N.M. Pujani & P.P. Juniartina., 2018. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Jurnal pendidikan dan pembelajaran sains Indonesia. 1 (2), pp.80-90.

Rakhmawan, A., A. Setiabudi & A. Mudzakir., 2015. Perancangan pembelajaran literasi sains berbasis inkuiri pada kegiatan laboratorium. Jurnal penelitian dan pembelajaran IPA. 1 (1), pp.143- 152.

Rizkamariana, F., S. Diana & A. R. Wulan., 2019. Penerapan project based learning untuk melatih kemampuan literasi tumbuhan 21 pada siswa SMA. Indonesian journal of biological education. 2 (1), pp.19- 23.

RKPD., 2014. Rencana kerja pembangunan daerah tahun 2014. Diakses dari: http://peraturan.bpk.go.id. 11 November 2020, pk. 11.12.

RPJIM., 2016. Review dokumen RPIJM 2016 bidang PU/cipta karya Kota Serang 2015-2019. Diakses dari: http://sippa.ciptakarya.pu.go.id. 12 November 2020, pk. 13.41.

Toharudin, U., S. Hendrawati & A. Rustaman., 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora

Wijaya, E., D. A. Sudjimat, & A. Nyoto., 2016. Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1 (6), pp.263-278.

Yaumi, Wisanti & S. Admoko., 2017. Penerapan perangkat model pembelajaran discovery learning pada materi pemanasan global untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa SMP Kelas VII. E-journal pensa, 5 (1), pp.38-45.

Yuliati, Y., 2017. Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3 (2), pp.21-28


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP