INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19: KONTEKSTUALISASI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Abstrak Pandemi Covid-19 tela membawa pengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali dunia pendidikan. Selama pandemi berlangsung kegiatan belajarmengajar banyak dilakukan dari rumah secara daring, dan materi ajar pun dipadatkan. Dunia pendidikan sejatinya punya peranan dalam upaya mengerem laju pandemi. Pembelajaran kontekstual dengan pendekatan basis masalah bisa diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Kata Kunci: pembelajaran, inovasi, kontekstual; pendidikan agama Islam, Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar (2007) Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara,
Haryanto. (2009), “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berasis Kompetensi untuk
Menngkatkan Efektivitas Belajar”, Jurnal Kependidikan, Vol. XXXIX, No. 1, Mei 2009
Jumadi (2003), “Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya”, Makalah disampaikann
pada Workshop Sosialisasi dan Iplementasi Kurikulum 2004 Madrayah Aliyah DIY,
Jateng, Kalsel di FMIPA UNY Th 2003
Kadir, Abdul , “Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah”, Dinamika Ilmu, Vol. 13,
No. 1, Juni 2013, hlm. 17-37
Kunandar (2009) , Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina (2016), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses, Jakarta:
Prenada Media
Tibahary, Abdul Rahman dan Muliana, “Model-model Pembelajaran Inovatif, Scolae:
Journal of Paedagogy, Vol 1, No. 1, 2018, hlm 54-64
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1989) , Kamus Besar
Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP