INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19: KONTEKSTUALISASI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ratu Amalia Hayani, Wardatul Ilmiah

Abstract


Abstrak Pandemi Covid-19 tela membawa pengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali dunia pendidikan. Selama pandemi berlangsung kegiatan belajarmengajar banyak dilakukan dari rumah secara daring, dan materi ajar pun dipadatkan. Dunia pendidikan sejatinya punya peranan dalam upaya mengerem laju pandemi. Pembelajaran kontekstual dengan pendekatan basis masalah bisa diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci: pembelajaran, inovasi, kontekstual; pendidikan agama Islam, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar (2007) Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara,

Haryanto. (2009), “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berasis Kompetensi untuk

Menngkatkan Efektivitas Belajar”, Jurnal Kependidikan, Vol. XXXIX, No. 1, Mei 2009

Jumadi (2003), “Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya”, Makalah disampaikann

pada Workshop Sosialisasi dan Iplementasi Kurikulum 2004 Madrayah Aliyah DIY,

Jateng, Kalsel di FMIPA UNY Th 2003

Kadir, Abdul , “Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah”, Dinamika Ilmu, Vol. 13,

No. 1, Juni 2013, hlm. 17-37

Kunandar (2009) , Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina (2016), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses, Jakarta:

Prenada Media

Tibahary, Abdul Rahman dan Muliana, “Model-model Pembelajaran Inovatif, Scolae:

Journal of Paedagogy, Vol 1, No. 1, 2018, hlm 54-64

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1989) , Kamus Besar

Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP