PEMBELAJARAN DARI RUMAH: DARI KLASIKAL KE DIGITAL

Sukirwan Sukirwan

Abstract


Abstrak:  Artikel ini memberikan analitis kritis terhadap pembelajaran daring dari rumah selama pandemi Covid-19. Sebagian orang menganggap bahwa ketersediaan perangkat, jaringan, dan kuota adalah masalah utama dalam pembelajaran daring; akan tetapi keterbatasan pengetahuan untuk mengoptimalkan pembelajaran daring menjadi masalah berikutnya yang tak bisa terbantahkan. Hal ini didasari oleh analisis terhadap penggunaan perangkat digital yang baru sebatas sarana informasi, pemberian tugas dan pengumpulan tugas. Sementara itu, siswa sepertinya kehilangan suasana dan aktivitas bersama teman serta aktivitas-aktivitas yang memerlukan pendampingan, seperti: bertanya manakala mengalami kesulitan, diskusi kelompok, serta feedback pembelajaran. Untuk menciptakan momen-momen yang hilang tersebut diperlukan adanya suatu learning management system di mana tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi harus menjadi satu kesatuan sistem dengan perangkat yang terintegrasi. Learning management system dapat dibangun melalui syncronous untuk kegiatan awal dan presentasi kelompok, serta asyncronous untuk kegiatan mandiri, diskusi kelompok dan pengembangan.

Kata-kata kunci: pembelajaran daring, pembelajaran digital, learning management system, syncronous, asyncronous


Full Text:

PDF

References


Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. AlHikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., &

Vreeland, T. J. (2020). Using technology to maintain the education of residents during the

Covid-19 pandemic. Journal of Surgical Education, 77(4), 729–732.

https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018

Dursun, T., Oskaybaş, K., & Gökmen, C. (2013). The Quality Of Service Of The Distance

Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103(1), 1133–1151.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.441

Fitriani, & Nurjannah. (2019). Peranan e-learning dalam pembelajaran matematika di Sekolah

Menengah Pertama (SMP). Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 102–110.

https://doi.org/https://doi.org/10.31605/pedamath.v2i1

Lee, K., Choi, H., & Cho, Y. H. (2019). Becoming a competent self: A developmental process of

adult distance learning. The Internet and Higher Education, 41(1), 25–33.

https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2018.12.001

Muhammad, H. (2020). Menyiapkan pembelajaran di masa pandemi: Tantangan dan peluang. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://spab.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2020/07/Menyiapkan-Pembelajaran-di-Masa-Pandemi-1.pdf

Nisrinafatin. (2020). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Edukasi

Nonformal, 1(2), 135–142. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/427

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R.

S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran online

di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–

https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning

Management System (S-LMS) sebagai media pembelajaran matematika di SMA. Kreano,

Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45.

https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014

Putra, R. S., & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien:

Studi Media Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa

Pandemi. Global Komunika, 1(2), 1–13.

https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/GlobalKomunika/article/view/1760

Raharja, S., Prasojo, L. D., & Nugroho, A. A. (2011). Model pembelajaran berbasis learning

management system dengan pengembangan software moodle di SMA Negeri Kota

Yogyakarta. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(1), 55–70.

https://doi.org/10.21831/jk.v41i1.504

Sukmadinata, N. S. (2000). Pengembangan kurikulum, teori dan praktek. PT Remaja Rosda

Karya.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar

di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan e-learning bagi para pendidik di era digital 4.0. In

M. Kristiawan, Y. Fitriani, A. P. Sari, & A. M. Retta (Eds.), Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan, Meningkatkan Literasi Pendidikan Dalam Rangka Menyongsong Revolusi

Industri 4.0 (Vol. 1, pp. 338–346). Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/index

Yustika, G. P., Subagyo, A., & Iswati, S. (2019). Masalah yang dihadapi dunia pendidikan

dengan tutorial online: Sebuah short review. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan,

(2), 187–198. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1178


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP