PEMBELAJARAN DARI RUMAH: DARI KLASIKAL KE DIGITAL
Abstract
Abstrak: Artikel ini memberikan analitis kritis terhadap pembelajaran daring dari rumah selama pandemi Covid-19. Sebagian orang menganggap bahwa ketersediaan perangkat, jaringan, dan kuota adalah masalah utama dalam pembelajaran daring; akan tetapi keterbatasan pengetahuan untuk mengoptimalkan pembelajaran daring menjadi masalah berikutnya yang tak bisa terbantahkan. Hal ini didasari oleh analisis terhadap penggunaan perangkat digital yang baru sebatas sarana informasi, pemberian tugas dan pengumpulan tugas. Sementara itu, siswa sepertinya kehilangan suasana dan aktivitas bersama teman serta aktivitas-aktivitas yang memerlukan pendampingan, seperti: bertanya manakala mengalami kesulitan, diskusi kelompok, serta feedback pembelajaran. Untuk menciptakan momen-momen yang hilang tersebut diperlukan adanya suatu learning management system di mana tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi harus menjadi satu kesatuan sistem dengan perangkat yang terintegrasi. Learning management system dapat dibangun melalui syncronous untuk kegiatan awal dan presentasi kelompok, serta asyncronous untuk kegiatan mandiri, diskusi kelompok dan pengembangan.
Kata-kata kunci: pembelajaran daring, pembelajaran digital, learning management system, syncronous, asyncronous
Full Text:
PDFReferences
Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. AlHikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.
http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905
Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., &
Vreeland, T. J. (2020). Using technology to maintain the education of residents during the
Covid-19 pandemic. Journal of Surgical Education, 77(4), 729–732.
https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018
Dursun, T., Oskaybaş, K., & Gökmen, C. (2013). The Quality Of Service Of The Distance
Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103(1), 1133–1151.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.441
Fitriani, & Nurjannah. (2019). Peranan e-learning dalam pembelajaran matematika di Sekolah
Menengah Pertama (SMP). Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 102–110.
https://doi.org/https://doi.org/10.31605/pedamath.v2i1
Lee, K., Choi, H., & Cho, Y. H. (2019). Becoming a competent self: A developmental process of
adult distance learning. The Internet and Higher Education, 41(1), 25–33.
https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2018.12.001
Muhammad, H. (2020). Menyiapkan pembelajaran di masa pandemi: Tantangan dan peluang. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://spab.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2020/07/Menyiapkan-Pembelajaran-di-Masa-Pandemi-1.pdf
Nisrinafatin. (2020). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Edukasi
Nonformal, 1(2), 135–142. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/427
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R.
S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran online
di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–
https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning
Management System (S-LMS) sebagai media pembelajaran matematika di SMA. Kreano,
Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45.
https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014
Putra, R. S., & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien:
Studi Media Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa
Pandemi. Global Komunika, 1(2), 1–13.
https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/GlobalKomunika/article/view/1760
Raharja, S., Prasojo, L. D., & Nugroho, A. A. (2011). Model pembelajaran berbasis learning
management system dengan pengembangan software moodle di SMA Negeri Kota
Yogyakarta. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(1), 55–70.
https://doi.org/10.21831/jk.v41i1.504
Sukmadinata, N. S. (2000). Pengembangan kurikulum, teori dan praktek. PT Remaja Rosda
Karya.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar
di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan e-learning bagi para pendidik di era digital 4.0. In
M. Kristiawan, Y. Fitriani, A. P. Sari, & A. M. Retta (Eds.), Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan, Meningkatkan Literasi Pendidikan Dalam Rangka Menyongsong Revolusi
Industri 4.0 (Vol. 1, pp. 338–346). Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/index
Yustika, G. P., Subagyo, A., & Iswati, S. (2019). Masalah yang dihadapi dunia pendidikan
dengan tutorial online: Sebuah short review. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan,
(2), 187–198. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP