PROKRASTINASI MAHASISWA SELAMA MASA PEMBELAJARAN DARING

Alfiandy Warih Handoyo, Evi Afiati, Deasy Yunika Khairun, Arga Satrio Prabowo

Abstract


Pembelajaran daring menyisakan beberapa permasalahan dalam pendidikan. Salah satu masalah yang muncul dalam pembelajaran daring adalah tingginya prokrastinasi pada para mahasiswa. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mengkaji tentang fenomena prokrastinasi selama pembelajaran daring beserta alternatif pemecahannya. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan kajian literatur. Berdasarkan hasil kajian ditemukan bahwa prokrastinasi disebabkan oleh rendahnya regulasi diri. Untuk mereduksi prokrastinasi harus melibatkan upaya meningkatkan regulasi diri individu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan regulasi diri adalah konseling kelompok.

 

Kata-kata kunci: Prokrastinasi, pembelajaran daring, mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Asri, D. N., & Dewi, N. K. (2016). Prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling IKIP PGRI Madiun ditinjau dari efikasi diri, fear of failure, gaya Pengasuhan orang tua, dan iklim akademik. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 2(2).

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52.

Carter Jr, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated learning in online learning environments: strategies for remote learning. Information and Learning Sciences.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105440.

Dyla, D. F. N., Afni, A., & Rahmi, A. R. (2020). PSYCHOLOGICAL WELL BEING MAHASISWA DALAM MENJALANI KULIAH DARING UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA (Studi terhadap Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang). Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(1), 15–24.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Springer Science & Business Media.

Fitriya, F., & Lukmawati, L. (2016). Hubungan antara regulasi diri dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) mitra adiguna palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 2(1).

Grund, A., & Fries, S. (2018). Understanding procrastination: A motivational approach. Personality and Individual Differences, 121, 120–130.

Harahap, A. C. P. (2020). Covid 19: Self Regulated Learning Mahasiswa. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1).

Hudaifah, F. (2020). The role of self regulated learning in the covid-19 pandemic era. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(02), 76–84.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1).

Lumongga, D. R. N. (2014). Memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik. Kencana.

Marantika, F. D. (2020). Hubungan antara Regulasi Diri dan Harga Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Melakukan Pembelajaran Daring. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Miskanik, M., Krisnanda, V. D., & Albab, S. (2019). EFEKTIVITAS TEKNIK MANAJEMEN STRES DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENCEGAH PERILAKU PROKASTINASI AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi).

Muhamad, S. (2019). Eksplorasi Hambatan Dan Aktivitas Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Mata Kuliah Translation. JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 5(4), 1–6.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45–52.

Ningsih, S., Yandri, H., Sasferi, N., & Juliawati, D. (2020). An Analysis of Junior High School Students’ Learning Stress Levels during the COVID-19 Outbreak: Review of Gender Differences. Psychocentrum Review, 2(2), 69–76.

Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (n.d.). PLUS MINUS PENGGUNAAN APLIKASI-APLIKASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19.

Patrzek, J., Grunschel, C., & Fries, S. (2012). Academic procrastination: The perspective of university counsellors. International Journal for the Advancement of Counselling, 34(3), 185–201.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnamasari, E. T. (2014). Hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi menyelesaikan tugas pada asisten mata kuliah praktikum. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rebetez, M. M. L., Rochat, L., Barsics, C., & Van der Linden, M. (2016). Procrastination as a self-regulation failure: The role of inhibition, negative affect, and gender. Personality and Individual Differences, 101, 435–439.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Risdiantoro, R., & Iswinarti, H. N. (2016). Hubungan prokrastinasi akademik, stres akademik, dan kepuasan hidup mahasiswa. Pshychology & Humanity, 19(20), 360–373.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214–224.

Saputra, R., Purwanto, E., & Awalya, A. (2017). Konseling Kelompok Teknik Self Instruction dan Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 84–89.

Schouwenburg, H. C. (2004). Procrastination in Academic Settings: General Introduction.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503.

Suyono, S. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DALAM RANGKA MEMUTUS MATA RANTAI PENULARAN COVID-19 DI PERGURUAN TINGGI SWASTA LEMBAGA LAYANAN PERGURUAN TINGGI (LLDIKTI) WILAYAH VII. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 662–666.

TATAN, T. Z. M. (2012). Analisis prokrastinasi tugas akhir/skripsi. Formatif, 2(1), 234966.

Widayati, S., Hotimah, N., & Rakhmawati, N. I. S. (2020). Respon Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 48–52.

Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp groupdan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 331–341.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP