PLATFORM PROGATE SEBAGAI LABORATORIUM VIRTUAL PEMROGRAMAN BERBASIS WEB

Ria Sudiana

Abstract


Abstrak: Penyebaran Covid-19 di Indonensia cukup siginfikan pertambahan kasus yang terjadi, sampai awal bulan November 2020 data yang tercatat dari Komite Penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional mencatat 497.668 kasus yang positif. Kebijakan pemerintah melalui menteri Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan perkuliahan di perguruan tinggi dilakukan secara dalam jaringan (daring), sehingga Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menerapkan kebijakan yang selaras dengan arahan tersebut termasuk dalam perkuliahan Algoritma & pemrograman yang sebelumya dilakukan di Laboratorium Komputer harus dilakukan menggunakan laboratorium virtual. Praktikum matakuliah Algoritma & Pemrograman pada masa sebelum pandemic Covid19 dilakukan secara tatap muka di Laboratorium Matematika & Komputer, karena kebijakan universitas yang menetapkan perkuliahan dilakukan secara daring maka diperlukan laboratorium virtual. Progate didirikan sejak 2014 lalu oleh Masa Kato dan Takuya Miyabayashi. Selain di Tokyo (Jepang) sebagai tempat lahirnya, Progate kini punya kantor di Jakarta (Indonesia) dan Bangalore (India). Pada artikel ini akan dibahas mengenai penggunaan Laboratorium Virtual Progate sebagai media praktikum matakuliah Algoritma & Pemrograman jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta.

Kata kunci: Laboratorium Virtual, Progate, Pemrograman.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Chao, L. (2012). Deployment of mobile learning course materials to android powered mobile

devices. International Journal of Distance Education Technologies, 10(3)(1), 1–16.

https://doi.org/10.4018/jdet.2012070101

Covid-19, G. T. (2020). Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus

Disease 2019). 19, 31. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/Protokol Percepatan

Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019.pdf

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran

Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi (I). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Kemdikbud RI. https://spada.kemdikbud.go.id/

Doddy. (2020). Kebijakan Kampus Merdeka Bantu Hadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19.

https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kebijakan-kampus-merdeka-bantu-hadapikrisis-akibat-pandemi-covid-19/

Herfianto, P. (2020). Platform Kursus Coding Online Progate Hadir dalam Bahasa Indonesia.

Gizmologi.id. sumber: https://gizmologi.id/aplikasi/progate-coding-bahasa-indonesia/

Huang, C. (2004). Virtual labs: E-learning for tomorrow. PLoS Biology, 2(6), 0734.

http://biology.plosjournals.org

Muchson, M. (2019). Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk

Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1), 51–64.

Progate. (2014). Daftar Bahasa Pemrograman Progate. https://progate.com

Rahmawati, E. (2014). Perancangan Platform Virtual Java Programming Laboratory (Vjp-Lab)

Sebagai Sarana Penguatan Konsep Dasar Pemrograman Java. Jurnal Link, 20(1).

Rajendran, L. (2010). A study on the effectiveness of virtual lab in Elearning. International

Journal on Computer Science and Engineering, 2, 2173–2175.

SPADA-Untirta. (2020). SPADA UNTIRTA. https://spada.untirta.ac.id/

Untirta. (2020). Peran Untirta Sebagai PTN BLU pada Era Pandemi Covid-19.

https://untirta.ac.id/video/peran-untirta-sebagai-ptn-blu-pada-era-pandemi-covid-19/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP