PLATFORM PROGATE SEBAGAI LABORATORIUM VIRTUAL PEMROGRAMAN BERBASIS WEB
Abstract
Abstrak: Penyebaran Covid-19 di Indonensia cukup siginfikan pertambahan kasus yang terjadi, sampai awal bulan November 2020 data yang tercatat dari Komite Penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional mencatat 497.668 kasus yang positif. Kebijakan pemerintah melalui menteri Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan perkuliahan di perguruan tinggi dilakukan secara dalam jaringan (daring), sehingga Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menerapkan kebijakan yang selaras dengan arahan tersebut termasuk dalam perkuliahan Algoritma & pemrograman yang sebelumya dilakukan di Laboratorium Komputer harus dilakukan menggunakan laboratorium virtual. Praktikum matakuliah Algoritma & Pemrograman pada masa sebelum pandemic Covid19 dilakukan secara tatap muka di Laboratorium Matematika & Komputer, karena kebijakan universitas yang menetapkan perkuliahan dilakukan secara daring maka diperlukan laboratorium virtual. Progate didirikan sejak 2014 lalu oleh Masa Kato dan Takuya Miyabayashi. Selain di Tokyo (Jepang) sebagai tempat lahirnya, Progate kini punya kantor di Jakarta (Indonesia) dan Bangalore (India). Pada artikel ini akan dibahas mengenai penggunaan Laboratorium Virtual Progate sebagai media praktikum matakuliah Algoritma & Pemrograman jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta.
Kata kunci: Laboratorium Virtual, Progate, Pemrograman.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Chao, L. (2012). Deployment of mobile learning course materials to android powered mobile
devices. International Journal of Distance Education Technologies, 10(3)(1), 1–16.
https://doi.org/10.4018/jdet.2012070101
Covid-19, G. T. (2020). Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus
Disease 2019). 19, 31. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/Protokol Percepatan
Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019.pdf
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran
Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi (I). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Kemdikbud RI. https://spada.kemdikbud.go.id/
Doddy. (2020). Kebijakan Kampus Merdeka Bantu Hadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19.
https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kebijakan-kampus-merdeka-bantu-hadapikrisis-akibat-pandemi-covid-19/
Herfianto, P. (2020). Platform Kursus Coding Online Progate Hadir dalam Bahasa Indonesia.
Gizmologi.id. sumber: https://gizmologi.id/aplikasi/progate-coding-bahasa-indonesia/
Huang, C. (2004). Virtual labs: E-learning for tomorrow. PLoS Biology, 2(6), 0734.
http://biology.plosjournals.org
Muchson, M. (2019). Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk
Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1), 51–64.
Progate. (2014). Daftar Bahasa Pemrograman Progate. https://progate.com
Rahmawati, E. (2014). Perancangan Platform Virtual Java Programming Laboratory (Vjp-Lab)
Sebagai Sarana Penguatan Konsep Dasar Pemrograman Java. Jurnal Link, 20(1).
Rajendran, L. (2010). A study on the effectiveness of virtual lab in Elearning. International
Journal on Computer Science and Engineering, 2, 2173–2175.
SPADA-Untirta. (2020). SPADA UNTIRTA. https://spada.untirta.ac.id/
Untirta. (2020). Peran Untirta Sebagai PTN BLU pada Era Pandemi Covid-19.
https://untirta.ac.id/video/peran-untirta-sebagai-ptn-blu-pada-era-pandemi-covid-19/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP