NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KONTEKS PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA PADA KESENIAN RAMPAK BEDUG DI SMAN 2 PANDEGLANG BANTEN

Syamsu Rizal

Abstract


Kesenian rampak bedug awalnya dari ngabedug yang dilakukan oleh masyarakat Pandeglang pada saat bulan Ramadhan. Seiring berjalannya waktu, kesenian ini berevolusi menjadi kesenian rampak bedug. Rampak bedug adalah kesenian kreasi baru yang berkembang di provinsi Banten. Kesenian ini memadukan suatu tarian dan bedugnya itu sendiri. Untuk melestarikan kesenian tersebut, maka pemerintah daerah setempat membuat suatu kebijakan bahwa kesenian rampak bedug masuk dalam kegiatan muatan lokal di tingkat Sekolah Menegah Akhir. Salah satunya di Sekolah Menengah Akhir Negeri 2 Pandeglang. Rampak bedug masuk dalam kegiatan pembelajaran intrakulikuler di kelas X sebagai pelajaran muatan lokal. Kesenian ini dikembangkan dan dipelajari oleh siswa siswai SMAN 2 Pandeglang. Kesenian ini adalah jenis kesenian kelompok yang dimainkan oleh siswa dan siswi SMAN 2 Pandeglang. Sebagai kesenian kelompok tentunya kesenian rampak bedug syarat akan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang konsep pendidikan, bahwa pendidikan pada dasarnya adalah proses mengasuh anak-anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa seutuhnya.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Dewantara, Ki Hadjar. 1977. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, sikap Merdeka I (Pendidikan). Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Kristiana, Yustika. dan 2016. Strategi Upaya Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Argowisata Berbasis Masyarakat Kampung Domba Terpadu Juhut, Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah Widya, 3 (3), 168.

Rizal, Syamsul. 2019. Struktur Pola Tabuh Rampak Bedug pada Sanggar Bale Seni Ciwasiat Kabupaten Pandeglang. Panggung, 29 (4), 407-408.

Samho, Bartolomeus. 2015. Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara tantangan dan relevansi. Yogyakarta: Kanisius.

Sedyawati, Edi. 2012. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan.

Suharto. 2012. Problematika Pelaksanaan Pendidikan Seni Musik di Sekolah Kejuruan Non Seni. Harmonia, 12 (1) 87

Sukitman, Tri. 2016. Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Berkaraker). JPSD, 2 (2), 87

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. PT. Imperial Bhakti Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP