PEMANFAATAN VIRTUAL TOUR MUSEUM (VTM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Tubagus Umar Syarif Hadi Wibowo, Yuni Maryuni, Ana Nurhasanah, Dheka Willdianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Pemanfaatan virtual tour museum dalam Pembelajaran Sejarah di masa Pandemi Covid-19. Teknologi menjadi salah satu alternatif yang digunakan sebagai respon manusia dalam menghadapi tantangan dari Pandemi Covid-19, yang membuat aktivitas menjadi terbatas dan dialihkan untuk dilakukan di rumah seperti bekerja, belajar dan beribadah. Dalam bidang Pendidikan, inovasi lahir dengan adanya perkembangan teknologi yaitu layanan Virtual tour Museum, museum menjadi tempat belajar siswa yang sejatinya dilengkapi dengan fasilitas sumber belajar visual, audio-visual, dan interaktif. Belajar di rumah bisa memberikan efek kebosanan baik dari siswa maupun tenaga pendidik, karena suasana hanya terbatas dilakukan di dalam ruangan. Dengan adanya layanan Visual tour Museum yang diselenggarakan oleh beberapa Museum yang ada di Indonesia diharapkan bisa memberikan nilai edukasi, inspirasi dan rekreasi secara bersamaan dalam pembelajaran sejarah yang dilakukan secara daring.


Full Text:

PDF

References


Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. yogyakarta: Ombak.

Baharudin. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Firmansyah, H., & Kurniawan, S. (2017). Desain Pembelajaran Sejarah berbasis Character building. Yogyakarta: Ombak .

Karwono. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Kurniawan,Hendra.Penanaman Karakter melalui Pembelajaran Sejarah dengan

Paradigma Konstruktivistik dalam Kurilkulum 2013. Socia :Jurnal ilmu-ilmu Sosial,Volume 10 Nomor 1, Mei 2013

Nabilla Ramadhian.2020. Saatnya Virtual Travelling 16 Museum Digital Indonesia yang

bisa dikunjungi.Kompas (Internet). (diunduh 20 November 2020).Tersedia pada : https://travel.kompas.com/read/2020/03/17/220300227/saatnya-virtual-traveling-16-museum-digital-indonesia-yang-bisa-dikunjungi?page=all

Abu.2020.Bisakah menjadikan virtual tour untuk edukasi sekolah.Panduasia (Internet). (diunduh 20 November 2020). tersedia pada : https://panduasia.com/blog/bisakah-menjadikan-virtual-tour-untuk-edukasi

Hehr, Karl Harven, "Virtual field trips as an educational and motivational strategy to teach Iowa history" (2014). Graduate Theses and, pp.1-82 Dissertations. 14178. https://lib.dr.iastate.edu/etd/14178

https://trends.google.com/trends/explore?geo=ID&q=virtual%20tour%20museum, diakses pada tanggal 21 November 2020.

Norbaizura Haris & Kamisah Osman, “The Effectiveness Of A Virtual Field Trip (Vft) Module In Learning Biology,” Turkish Online Journal of Distance Education, July 2015, Volume: 16 Number: 3 Article 8

Weili Qiu & Tom Hubble, “The Advantages and Disadvantages of Virtual Field Trips in Geoscience Education,” The China Papers, October 2002.

Stoddard, J. (2009). “Toward a virtual field trip model for the social studies.” Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(4), pp. 412-438.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP