PERUBAHAN SOSIAL PADA BUDAYA DIGITAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

Stevany Afrizal, Septi Kuntari, Rizki Setiawan, Wika Hardika Legiani

Abstract


Munculnya pandemi covid-19 pada Maret 2020, pemerintah menghimbau masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktifitas di luar rumah dan melakukan segala aktivitas di rumah (Work From Home) baik itu bekerja, belajar dan beribadah. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga diambil untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dampak positif dari pandemi covid-19 adalah adanya perubahan budaya masyarakat yang begitu cepat dalam penggunaan teknologi digital. Sebagai contoh dalam bidang pendidikan, anak melaksanakan sekolah dengan pembelajaran daring dari rumah yang memberdayakan orang tua dalam proses pembelajaran online. Artinya budaya digital sudah dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya pemanfaatan digital mempengaruhi pendidikan karakter pada anak dalam pembelajaran digital, bisa dimulai dari lingkungan keluarga anak itu sendiri. Peran orang tua dalam keluarga sangat dominan terutama dalam mengarahkan dan mengawasi anak ketika menggunakan teknologi digital.

 

Kata Kunci: Perubahan Sosial, Budaya Digital, Pendidikan Karakter, Sosiologi Pembangunan.


Full Text:

PDF

References


Annisa, M.N., Wiliah, A., and Rahmawati, N. (2020). ‘Pentingnya Pendidikan karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba digital’. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (1), pp. 35-48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Bennett S., Maton K. & Kervin L. 2008. “The ‘Digital Natives’ Debate: A Critical Review of the Evidence”. British Journal of Educational Technology 39, 775–786. doi: 10.1111/j.1467-8535.2007.00793.x

Daniels, J., & Knoblauch, H. (2014). Pioneering Digital Sociology. Contexts, 13 (4), 6-8. https://doi.org/10.1177/1536504214558208

Farley, E.John. Sociology2nd Edition. New Jersey: Prentice-Hall.1990

Katadata.com. (2019). Berapa Jumlah Penduduk Usia Produktif Indonesia? In KataData.com. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-jumlah-penduduk-usia-produktif-indonesia

Kuntari, S. (2009). ‘Relevansi Pendidikan IPS dalam arus Globalisasi’. Jurnal Hermeneutika, 5 (1), pp. 19-26. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/article/view/7389/5918

Lupton, Deborah. 2015. Digital Sociology. London and New York:Routledge

Pala, A. (2011). ‘The Need for Character Education’. International Joournal of Social Sciences and Humanity Studies, 3 (2), pp. 23-32. Available at: https://www.researchgate.net/publication/267824613_THE_NEED_FOR_CHARACTER_EDUCATION

Primasari, D.A.G., Dencik., Imansyah, M. (2019) Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 12 Januari 2019, Palembang. Hal. 1100-1118.

Putri, D. P. (2018). ‘Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital’. Jurnal Ar_Riaayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), pp. 37-50. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD.

Rowles, D., & Brown, T. (2017). Building digital culture: a practical guide to successful digital transformation. Kogan Page Publishers.

Setiawan, R. (2020). Karakteristik Dasar Literasi Digital dan Relasi Sosial Generasi Milenial Banten. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 4(2), 153-173.

Setiawan, R., & Komalasari, E. (2020). Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi di Tengah Pandemi Covid-19. EDUSOCIUS; Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Sosiologi, 4(1), 1-13. doi: 10.24198/jsg.v4i2.27540

Setiawan, R. and Kuntari, S. (2018). ‘Implementasi Bahan Ajar Berbasis Web Pada Mata Kuliah Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Jurusan Pendidikan Sosiologi Untirta’. Jurnal Hermeneutika, 4 (2). pp. 1-12. Available at: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/article/view/4826/3469

Sutrisno, M., & Putranto, H. (2005). Teori-teori kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Sztompka, Piotr. (2004). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup.

Williams, R. (1958, 2011). Culture is ordinary. Cultural theory: An anthology, 53-59.

Williams, R. (1976, 2015) p.49-54. Keywords: A vocabulary of culture and society. New York: Oxford University Press.

Williams, R. (1976, 2015) p.49-54. Keywords: A vocabulary of culture and society. New York: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP