TEXT LEVELLING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS
Abstract
Abstrak Selama ini, banyak orang yang memahami kegiatan membaca hanya pada kemampuan membunyikan setiap huruf menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Sesungguhnya, aktivitas membaca tidak sekadar membaca setiap huruf, kata, dan kalimat, tetapi sampai pada memahami teks dengan cara mencari tahu makna setiap kata berdasarkan konteksnya. Beragam strategi dapat dilakukan dan beragam media dapat digunakan untuk membentuk siswa mahir membaca dan memahami isinya. Akan tetapi, semua strategi dan media literasi tersebut harus mempertimbangkan text levelling setiap siswa agar siswa terus-menerus tertarik membaca dan memahami isi bacaan. Dengan demikian, pada akhirnya akan terbentuk siswa yang tidak hanya sekadar mahir membaca, tetapi juga mampu memahami isi bacaan tersebut.
Kata Kunci: literasi, text levelling, membaca pemahaman
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika
Aditama.
Gail E., Tompkins. 2011. Literacy In The Early Grades. A Successful Start for Prek-4
Readers and Wriers: Pearson Education. Inc. Publishing as Allyn & Bacon. 501
Boylston Street Boston, MA, 02116.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta:
Grasindo.
Ontario. 2005. A Guide To Effective Instruction In Writing Kingdergarten to Grade
Serafini, F. 2001. The Reading Workshop: Creating Space for Readers. Portsmouth,
NH: Heinemann.
Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. Jakarta: Depdikbud.
Austin, Michael. 2007. Reading the World: Ideas That Matter. New York: W.W. Norton &
Company, Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP