PENGEMBANGAN APLIKASI E-MOBILE DI MASA PANDEMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS
Abstract
Abstrak Kemampuan menulis adalah penting bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah dan tugas akhir. Namun, saat pandemic pembimbingan tidak dapat dilakukan secara dengan cara biasa. Untuk itu, perlu pengembangan perangkat dan model pembelajaran agar kemampuan menulis mahasiswa tetap baik tetapi penularan covid tetap terhindarkan. Pengembangan e-mobile adalah sebagai solusi yang cukup baik untuk mengatasi hal tersebut karena dengan aplikasi maka interaksi fisik antara mahasiswa dan pembimbing menjadi terminimalisir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah tiga puluh mahasiswa Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Waktu penelitian adalah delapan bulan. Penelitian menemukan masalah utama dalam menulis, yaitu: saat mengidentifikasi masalah, membuat kerangka penelitian, dan membahas hasil penelitian. Penelitian ini telah menghasilkan aplikasi e-mobile dengan nama ‘BisaMenulis’. Pada saat inventarisir masalah terdapat beragam masalah dari mahasiswa, akan tetapi agar materi menjadi terstruktur maka materi di aplikasi BisaMenulis dibuat secara terstruktur.
Kata kunci: menulis, karya ilmiah, e-mobile, Bisa Menulis
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak, I., Riyana, C. (2017). ELearning – Konsep dan Implementasi. Bandung: UPI
Press.
Databoks (2019). Proyeksi Pengguna Internet di Indonesia 2017-2023.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-pengguna-internet-diindonesia.
Hasani, A. Hendarayana, A. Sanjaya, A. (2017). Using Project-based Learning in Writing an
Educational Article: An Experience Report. Universal Journal of Educational Research,
(6), 960 - 964. DOI: 10.13189/ujer.2017.050608.
Hendrayana, A. (2017) Mengatasi Cognitive Load pada Anak (1th ed.). Serang: FKIP
Publishing.
Hendrayana, A. (2015) Rekayasa Multimedia untuk Pembelajaran (1th ed.). Serang: Untirta
Press.
Luck, L.T., Hashim, F, Dina, S.Z.M. A. (2012) Creative and Literary Writing Digital LMS in
Supporting Writers’ Group Learning and Knowledge Sharing among Creative Writers.
Journal of Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 67, 10 December 2012,
Pages 238-249.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP