MEMBENTUK MASYARAKAT BELAJAR: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI PKBM SEKAR SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN NON-FORMAL

Nurfrida Aulia Tiarani, Ahmad Fauzi, Fitri Pertiwi

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PKBM Sekar Kabupaten Serang, yang menjadi pelopor dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dalam pembelajarannya. Dengan menganalisis fenomena ini, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang implementasi Kurikulum Merdeka dalam konteks pendidikan non-formal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif ini menyoroti ciri, mutu, dan interaksi antar aktivitas yang diamati, sejalan dengan tujuan penelitian untuk memahami fenomena secara holistik. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dengan Ketua PKBM Sekar sebagai narasumber utama. Pendekatan kualitatif yang digunakan memungkinkan peneliti untuk memahami berbagai aspek pengalaman subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan, dalam konteks alami tertentu. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang berkelanjutan dan inklusif di tingkat lokal maupun nasional.
Kata Kunci: PKBM, Program Paket C, Pendidikan Non Formal

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 2415–2422.

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Tutor Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192.

J. Moleong, L. (2009). Metodologi Penulisan Kualitatif. Rosdakarya.

Nurhadi, M., Mulyana, E., Nurhayati, S., & Sukmana, C. (2023). Implementasi Program Pelatihan Literasi Keuangan Berbasis Teknologi Digital Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Pkbm Ash-Shoddiq. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(2), 288–294.

Paradia, P. A., & Setyawan, D. A. (2021). Hubungan Penurunan Kualitas Belajar Siswa Kejar Paket C dengan Pendemi Covid-19 Mata Pelajaran Matematika di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Arum Jati. Al – Mau’izhoh, 3(1), 40–48.

Siahaan, A., Lubis, A. A., Sitorus, C. M., Fatimah, T., & Zebua, V. F. (2022). Evaluasi Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di MA Laboratorium UINSU Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11143–11150.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.