PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI PAUD CERDAS CERIA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUBATEN SERANG

Ananadia Pracilia, Ebok Ebok, Fitri Destriana Gumay, Indra Sudrajat

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Sanggar Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini Smart Ceria Kabupaten Serang dapat mengenalkan huruf hijaiyah dengan pendekatan iqro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data dan informasi yang komprehensif dan mendalam mengenai tujuan penelitian. Pengelola PAUD, guru, dan siswa dijadikan sebagai sumber data penelitian. Melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, pengumpulan data dilakukan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengenalan huruf hijaiyah pada anak PAUD melalui teknik iqro memerlukan prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan menggunakan metode iqro, anak mempelajari dasar-dasar huruf hijaiyah, mendapatkan bimbingan mengidentifikasi huruf hijaiyah dengan benar, serta menumbuhkan kecintaan dan kebiasaan membaca Al-Quran. Anak dapat membaca iqro dengan irama tartil, caranya hanya menggunakan media iqro, dan anak tidak diajarkan bacaan tajwid. Namun penerapan metode iqro memiliki kelebihan yaitu anak cepat memahaminya dan guru mudah mengajarkannya.
Kata kunci: Metode Iqro, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini.

Abstract: The purpose of this study is to determine how the Smart Ceria Early Childhood Learning Activity Studio in Serang Regency can introduce hijaiyah letters using the iqro approach. This research employs a qualitative descriptive research approach in order to gather comprehensive and in-depth data and information regarding the research objectives. PAUD administrators, teachers, and students serve as the research's data sources. Through observation, interviews, and documentation techniques, data was gathered. The study's findings demonstrate that introducing hijaiyah letters to PAUD children through the iqro method necessitates a planning, execution, and evaluation phase. By using the iqro method, kids learn the fundamental hijaiyah letters, get guidance correctly identifying hijaiyah letters, and develop a love and habit of reading the Al-Quran. Children can read iqro with tartil rhythm, the method only uses iqro media, and children are not taught tajwid readings. However, the application of the iqro method has the advantage that children comprehend it fast and teachers can simply teach it.
Keywords: Iqro Method, Hijaiyah Letters, Early Childhood.

Full Text:

PDF

References


Ramdan, T., Wibowo, D. V., & Nurseha, A. (2023). Implikasi Budaya dalam Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Positif Bagi Siswa MA Al-Ishlah Sagalaherang. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 92-100.

Susanti Santi, Nurhayati Susan (2022). PENERAPAN METODE IQRO’DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5 (2), 13-23

Syukri M, Marmawi R. Penerapan Metode Iqro’Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Cahaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 3 (6)

Yacub Jamiluddin.(2022). Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2), 49-59, 2022

Alucyana Alucyana, Raihana Raihana, Dian Tri Utami. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD.Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 17 (1), 46-57, 2020

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswana Zain., 2010. Strategi Belajar Mengajar. Penerbitan: Jakarta: Rineka Cipta, 2010, hal 276

Djumali, dkk. 2013. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: GAVA MEDIA, hal 122

Wiyani, N. A., 2016. Konsep Dasar PAUD. Gava Media, hal 154

Siti Nur M., 2019. Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga (Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Parenting Education). Jurnal Paradigma, 4(1–10).

Nurhayati, E, 2015. Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Perspektif Psikologi Perkembangan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), https://doi.org/10.24235/awlady.v1i2.73, hal 114

Ratna Suhartini, Haniarti, & Makhrajani Majid. 2018. Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-3 Tahun di Posyandu Bunga Cengkeh Desa Puncak Harapan Kecamatan Maiwa. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), https://doi.org/10.31850/makes.v1i3, hal 133 Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, hal 182

Gunawan, W. 2019. Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5373, hal 61

Fitri Iqromah. 2018. Identifikasi Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Di TK Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. PAUD Universitas Negeri, hal 25

Alam, S. K., 2019. Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.30, hal 284

Seefeldt, Carrol dan Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.