PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI PAUD CERDAS CERIA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUBATEN SERANG
Abstract
Kata kunci: Metode Iqro, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini.
Abstract: The purpose of this study is to determine how the Smart Ceria Early Childhood Learning Activity Studio in Serang Regency can introduce hijaiyah letters using the iqro approach. This research employs a qualitative descriptive research approach in order to gather comprehensive and in-depth data and information regarding the research objectives. PAUD administrators, teachers, and students serve as the research's data sources. Through observation, interviews, and documentation techniques, data was gathered. The study's findings demonstrate that introducing hijaiyah letters to PAUD children through the iqro method necessitates a planning, execution, and evaluation phase. By using the iqro method, kids learn the fundamental hijaiyah letters, get guidance correctly identifying hijaiyah letters, and develop a love and habit of reading the Al-Quran. Children can read iqro with tartil rhythm, the method only uses iqro media, and children are not taught tajwid readings. However, the application of the iqro method has the advantage that children comprehend it fast and teachers can simply teach it.
Keywords: Iqro Method, Hijaiyah Letters, Early Childhood.
Full Text:
PDFReferences
Ramdan, T., Wibowo, D. V., & Nurseha, A. (2023). Implikasi Budaya dalam Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Positif Bagi Siswa MA Al-Ishlah Sagalaherang. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 92-100.
Susanti Santi, Nurhayati Susan (2022). PENERAPAN METODE IQRO’DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5 (2), 13-23
Syukri M, Marmawi R. Penerapan Metode Iqro’Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Cahaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 3 (6)
Yacub Jamiluddin.(2022). Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2), 49-59, 2022
Alucyana Alucyana, Raihana Raihana, Dian Tri Utami. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD.Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 17 (1), 46-57, 2020
Djamarah Syaiful Bahri dan Aswana Zain., 2010. Strategi Belajar Mengajar. Penerbitan: Jakarta: Rineka Cipta, 2010, hal 276
Djumali, dkk. 2013. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: GAVA MEDIA, hal 122
Wiyani, N. A., 2016. Konsep Dasar PAUD. Gava Media, hal 154
Siti Nur M., 2019. Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga (Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Parenting Education). Jurnal Paradigma, 4(1–10).
Nurhayati, E, 2015. Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Perspektif Psikologi Perkembangan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), https://doi.org/10.24235/awlady.v1i2.73, hal 114
Ratna Suhartini, Haniarti, & Makhrajani Majid. 2018. Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-3 Tahun di Posyandu Bunga Cengkeh Desa Puncak Harapan Kecamatan Maiwa. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), https://doi.org/10.31850/makes.v1i3, hal 133 Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, hal 182
Gunawan, W. 2019. Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5373, hal 61
Fitri Iqromah. 2018. Identifikasi Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Di TK Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. PAUD Universitas Negeri, hal 25
Alam, S. K., 2019. Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.30, hal 284
Seefeldt, Carrol dan Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan
Refbacks
- There are currently no refbacks.