DAMPAK KURANGNYA INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR Di SEKOLAH

Ani Fajriyani, Ahmad Fauzi, Felisia Putri Suranto, Anah Harhamsah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menyoroti pentingnya interaksi guru-murid dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan metode Systematic Literature Review (SLR), dari 90 artikel terkait, 10 artikel dipilih untuk diselidiki lebih lanjut. Hasilnya menunjukkan bahwa interaksi tersebut mempengaruhi prestasi akademik dan kesejahteraan emosional siswa. Kurangnya interaksi dapat menghambat potensi belajar siswa serta mempengaruhi kepuasan kerja guru dan kinerja sekolah. Solusi untuk meningkatkan interaksi termasuk peran aktif guru, menciptakan suasana belajar yang nyaman, memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa, mengarahkan perilaku guru yang positif, dan memotivasi dengan contoh keberhasilan inspiratif. Kesimpulannya, interaksi yang baik antara guru dan siswa penting untuk meningkatkan prestasi belajar dan kesejahteraan emosional siswa.
Kata Kunci: Dampak, Interaksi, Prestasi.

Abstract: This research highlights the importance of teacher-student interaction in improving students' critical thinking abilities. Using the Systematic Literature Review (SLR) method, from 90 related articles, 10 articles were selected for further investigation. The results show that these interactions influence students' academic achievement and emotional well-being. Lack of interaction can hinder students' learning potential and affect teacher job satisfaction and school performance. Solutions to increase interaction include the teacher's active role, creating a comfortable learning atmosphere, rewarding students for their work, directing positive teacher behavior, and motivating with inspiring examples of success. In conclusion, good interaction between teachers and students is important to improve students' learning achievement and emotional well-being.
Keywords: Impact, Interaction, Performance.

Full Text:

PDF

References


Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Palapa, 7(1), 149-166.

Hati, L., & Sastrawan, A. (2016). Pengaruh Interaksi Edukatif Guru dan Siswa terhadap Motivasi Belajar di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(2).

Karimah, BZ (2023). Model Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Melalui Pembelajaran Virtual. AdZikra: Jurnal Komunikasi & Penyuaran Islam , 14 (1), 29-43.

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2018). Analisis interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas vii smp negeri 15 kota bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270-282.

Marsyanda, M., & Hastuti, R. (2024). Hubungan Sense of School Belonging dengan Well-Being pada Siswa SMA. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam , 23 (1), 387-393.

Rahmawati, IP (2020). Pengaruh Interaksi Guru-Siswa dan Perhatian Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih MA YP KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 (Disertasi Doktor, IAIN PONOROGO).

Rizonova, I., Rivaie, W., & Asriati, N. (2014). Pola Interaksi Antar Siswa Berbagai Etnik di Kelas XI IPA2. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(3).

Rasyid, M. A., & Tanjung, H. (2020). Pengaruh kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kepuasan kerja guru pada SMA swasta perkumpulan amal bakti 4 sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 60-74.

Safhira, D., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Analisis Kepuasan Kerja Pada Guru Di Smk Negeri 3 Singaraja (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen SDM). Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2), 165-173.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa , 2 (2), 278-288.

Setyawan, A., Putri, SA, Ningtias, IAA, Abrori, AN, Farodisa, A., & Mulyono, CA (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Interaksi Guru dengan Siswa dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro , 1 (1).

Siregar, SZ, Lubis, PN, & Humayra, L. (2022). Pengaruh Interaksi Guru dan Murid terhadap Hasil Belajar Murid dalam Pembelajaran Matematik di MAN 1 Medan. JURNAL PENDIDIKAN NONFORMAL , 3 (


Refbacks

  • There are currently no refbacks.