IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD

Nurul Arfika

Abstract


Abstrak: Kegiatan penguatan literasi dan numerasi di sekolah berkontribusi pada pembelajaran yang lebih inovatif. Berdasarkan rapor pendidikan SD Negeri 050611 Aman Damai tahun 2023, kemampuan numerasi siswa kelas V berada pada peringkat terendah (81-100%) di tingkat kabupaten/kota dan nasional dibandingkan dengan sekolah lain. Oleh karena itu, penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) diharapkan dapat memperbaiki kemampuan numerasi di sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan tiga pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes serta dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas V, yang dibuktikan dengan lembar observasi yang menunjukkan peningkatan keterampilan numerasi dari 50% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Temuan ini membuktikan efektivitas pendekatan RME dalam meningkatkan keterampilan numerasi siswa di SD Negeri 050611 Aman Damai.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Numerasi, Pembelajaran Matematika

Abstract: The implementation of literacy and numeracy enhancement activities in schools encourages more innovative learning. According to the 2023 report card of SD Negeri 050611 Aman Damai, the numeracy skills of fifth-grade students are in the lowest category (81-100%) both at the district/city level and nationally compared to other schools. Therefore, integrating mathematics into daily life through the Realistic Mathematics Education (RME) approach is expected to improve numeracy skills in elementary schools. This study employs a qualitative descriptive method with a Classroom Action Research (CAR) approach consisting of two cycles, each involving three meetings. Data were collected through observations and tests and analyzed using qualitative analysis methods. The subjects of the study were 32 fifth-grade students. The results show that applying the RME approach can enhance numeracy skills among fifth-grade students. This is evidenced by observation sheets from cycles I and II, where numeracy skills improved from 50% in cycle I to 84% in cycle II. This demonstrates that the RME approach is effective in improving numeracy skills among fifth-grade students at SD Negeri 050611 Aman Damai.
Keywords: Realistic Mathematics Education, Numeracy, Mathematics Learning

Full Text:

PDF

References


Admin SMP, (2021) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Pengembangan Materi Penguatan Numerasi dalam Pembelajaran Matematika. https://ditsmp.kemdikbud.go.id

Ayu, Fithriani, And Hendra Syafrifuddin. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Local Instructional Theory Kelas V Sekolah Dasar Topik Perkalian Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme).” Jurnal Basicedu 5(6):6339–48. Doi: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1725

Ekayanti, A., dkk. 2022. Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKSIOMA: Jurnal Progam Studi Pendidikan Matematika, 11 (4): 3262-3273. https://repositori.kemdikbud.go.id

Goos, M., Geiger, V., Forgasz, H., Bennison, A., & Dole, S. (2020). Numeracy across the curriculum: Research-based strategies for enhancing teaching and learning. Routledge.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional. https://repositori.kemdikbud.go.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusmenjar, Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (n.d.). Asesmen Nasional. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/faq/asesmen-nasional

Mailani, E., Setiawati, N. A., Surya, E., & Armanto, D. (2022). Implementasi Realistics Mathematic Education dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi/HOTS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5501-7663 https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2855

Nisa, Yohanie, Sulistyono, 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa“. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/download/3701/2463/13702

Nurwafiqah, Maghfirah 2023, Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional. Berbasis Komputer (Anbk) Terhadap Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas V. https://digilibadmin.unismuh.ac.id

Patta, Rahman, Nur. 2022 “PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 157 PASARAYA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA.” Global Journal Basic Education. Doi: https://doi.org/10.35458/gjp.v1i4.508

Primasari, Ika Firma Ningsih Dian, Zulela, And Fahrurrozi. 2021. “Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4):1888–99. Doi: https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115


Refbacks

  • There are currently no refbacks.