DINAMIKA GENDER DALAM PROSES PROBLEM SOLVING ANAK SMAN 4 KOTA SERANG PERSPEKTIF KELUARGA DAN ANALISIS GENDER

Siti Giyanah, Nining Purwaningsih, Aida Nuraini, Nabila Mariatul Qibtiyah

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika gender mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMAN 4 Kota Serang, serta menganalisis pola asuh keluarga yang berperan dalam membentuk kemampuan tersebut. Metode penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pengumpulan data menggunakan angket dengan pertanyaan deskriptif terkait profil responden, gaya pengasuhan, dan kemampuan pemecahan masalah. Sampel penelitiannya adalah siswa SMAN 4 Serang di Kota Orangtua cenderung memberikan perlakuan, kesempatan dan harapan yang berbeda mengenai kemampuan pemecahan masalah anak laki-laki dan anak perempuan. Hal ini berimplikasi pada pembentukan persepsi diri dan perkembangan potensi anak sesuai gendernya. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya pola asuh yang adil dan setara gender dalam mendukung perkembangan kemampuan pemecahan masalah anak.
Kata Kunci: Analisis Gender, Keluarga, Problem Solving Anak SMA

ABSTRAC This research aims to find out how gender dynamics influence problem solving abilities in high school students, as well as analyzing family parenting patterns which play a role in forming these abilities. The data collection method uses a questionnaire with descriptive questions related to the respondent's profile, parenting style, and problem solving abilities. The research sample was high school students in City Parents tend to provide different treatment, opportunities and expectations regarding the problem solving abilities of boys and girls. This has implications for the formation of self-perception and development of children's potential according to their gender. This research provides recommendations for increasing parents' awareness of the importance of fair and gender-equal parenting in supporting the development of children's problem solving abilities.
Keywords: Gender analysis, family, problem solving for high school children

Full Text:

PDF

References


Azizah, P. I., & Wibowo, S. (2021). Optimalisasi Peran Keluarga dalam Pengembangan 4CAnak Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045. Social studies, 6(1). DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v9i1.12067

Junaidin, R. (2020). Pola komunikasi interpersonal orang tua terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 11(1), 46-66. DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494

Kibtyah, M. (2014). Peran Konseling Keluarga Dalam Menghadapi Gender Dengan Segala Permasalahannya. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 9(2), 361-380.

Mawarpury, M., & Mirza, M. (2017). Resiliensi dalam keluarga: perspektif psikologi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 96-106. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i1.1829

Mawarpury, M., & Mirza, M. (2017). Resiliensi dalam keluarga: perspektif psikologi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 96-106. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i1.1829

Namin, N. (2015). Mendidik anak keluarga islami. Jakarta: Niaga Swadaya.

Setiawan, H. H. (2014). Pola pengasuhan keluarga dalam proses perkembangan anak. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 19(3).

Siregar, M. D., Yunitasari, D., & Partha, I. D. P. (2021). Model pola asuh otoriter orang tua terhadap perkembangan kepribadian anak. Jurnal Golden Age, 5(01), 139-146. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3385

Viranda, C., Chandrika, A., & Karimah, S. T. M. (2023). Gambaran Makna Keberfungsian Keluarga Ditinjau dari Perspektif Jenis Kelamin, Urutan Kelahiran, dan Status dalam Keluarga. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(07), 544-553. DOI: https://doi.org/10.58812/jmws.v2i07.495

Yulianti, C., & Putri, S. A. R. (2022). Problematika Komunikasi Orang Tua dan Anak di Era Digital (Studi Fenomenologi pada Keluarga di Desa Sragi Kecamatan Talun Kabupaten Blitar). Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 9(1), 15-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.