EVALUASI PROGRAM KURSUS KOREAN LANGUAGE BEGINNER INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIRO DI KT&G SANGSANG UNIV INDONESIA KOTA BEKASI

Fira Rama Puteri Mahardika, Indra Sudrajat

Abstract


Abstrak: Dalam era ini dibutuhkan pengembangan keterampilan dan peningkatan kompetensi, hal tersebut dapat dicapai melalui berbagai jenis program pelatihan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat. Salah satu contoh program pelatihan adalah kursus Korean Language Beginner yang saat ini sedang marak diminati oleh Masyarakat, khususnya Gen-Z. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan evaluasi program pelatihan dengan menggunakan Model CIRO yang meliputi context, input, reaction, dan outcome pada kursus Korean Language Beginner di KT&G Sangsang Univ Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 pengelola, 1 instruktur, dan 4 peserta kursus. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa setiap komponennya memiliki capaian penilaian yang berbeda. 1) Context; menentukan kebutuhan masyarakat, mengidentifikasi masalah, dan menentukan tujuan program. 2) Input; mengidentifikasi dan menilai kapabilitas system dan alternatif strategi, prosedur kerja, SDM, dana, serta aturan 3) Reaction; Melihat tingkat kepuasan / kesenangan peserta dengan program pelatihan serta materi yang telah diberikan oleh instruktur, dan 4) Outcome; membandingkan hasil kerja dengan tujuan input dan nilai keberhasilan sebuah program pelatihan dan melihat dampak jangka Panjang.
Kata Kunci : Evaluasi Program, Pelatihan, Model CIRO

Abstract: In this era, skills development and competency improvement are needed, this can be achieved through various types of training programs according to community needs. One example of a training program is the Korean Language Beginner course which is currently popular among the public, especially Gen-Z. The research objective is to describe the evaluation of a training program using the CIRO Model which includes context, input, reaction and outcome in the Korean Language Beginner course at KT&G Sangsang Univ Indonesia. This study uses a qualitative method. The subjects in this research consisted of 1 manager, 1 instructor, and 4 course participants. Data collection techniques include interviews, observation and documentation. It can be concluded from the research that each component has different assessment achievements. 1) Context; Determining community needs, identifying problems, and determining program objectives 2) Input; Identify and assess system capabilities and alternative strategies, work procedures, human resources, funds, rules 3) Reaction; See whether participants are satisfied/happy with the training program and the material provided by the instructor, and 4) Outcome; Comparing work results with input objectives and success scores of a training program and looking at long-term impacts.
Keywords: program evaluation, training, CIRO model.

Full Text:

PDF

References


Abao, E., Max, I., Remedios, A., Balo, V., Boholano, H., Mananay, J., & Navarro, T. M. (2022). Model CIRO : Sebuah Pemantauan dan Evaluasi Kerangka dalam Mengembangkan Global Filipina Program Guru. 20. https://doi.org/10.14704/NQ.2022.20.16.NQ880147

Agusven, T., Kusumah, S., & Haryani, D. S. (2018). Analisis Evaluasi Program Pelatihan Pada Karyawan PT . Sumber Izumi Mas Perkasa Dengan Menggunakan Model IPO. The 7th University Research Colloquium 2018, 5, 182–190.

Dewi, M. T. S., & Yusuf, A. (2019). Motivasi Dan Kebutuhan Warga Belajar Dalam Mengikuti Kursus Di Lpk Bahasa Korea Asiana Bawen. … Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus …, 4(2), 105–110. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/7304%0Ahttps://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/download/7304/4911

Dianingtyas, I., Masyhud, S., Ariefiento Pendidikan Luar Sekolah, L., Jember Jln Kalimantan No, U., & Boto, T. (2021). Evaluasi Program Pelatihan Desain Grafis dalam Pencapaian Keberhasilan Peserta Pelatihan di Balai Latihan Kerja Banyuwangi Evaluation Of Graphic Designer Training Program In Improving Trainee’s Achievement At The Training Center In Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 62–67. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Istiyani, N. M., & Utsman, U. (2020). Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16810

Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.