EVALUASI PROGRAM PELATIHAN DI LEMBAGA DAKWAH BALADI AD-DAKWAH CENTER (BAC) KRESEK MENGGUNAKAN MODEL CIPP.

Rizal Al Faqih, Indra Sudrajat

Abstract


Abstrak:
Evaluasi program pelatihan dakwah di Baladi Ad-Dakwah Center (BAC) Kresek dilaksanakan dengan tujuan menilai efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penilaian ini bertujuan untuk menemukan kelebihan dan kekurangan program serta memberikan saran untuk peningkatan. Model CIPP melibatkan penilaian konteks, input, proses, dan output untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai program pelatihan. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan observasi, wawancara, dan survei untuk mengevaluasi dari empat elemen utama, yaitu konteks, input, proses, dan output, dan masing-masing memerlukan penilaian yang berbeda. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa Penguasaan materi dan kemampuan retorika peserta didik menjadi indikator keberhasilan program. Kelulusan program menunjukkan bahwa peserta didik mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuannya dan skills yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan nilai-nilai agama dengan baik.

Kata Kunci: Evaluasi, Program Pelatihan, Dakwah, Model CIPP

Abstract:
The evaluation of the dakwah training program at the Baladi Ad-Dakwah Center (BAC) Kresek was conducted to assess the effectiveness and efficiency of the program's implementation using the CIPP model (Context, Input, Process, Product). The purpose of this assessment is to identify the program's strengths and weaknesses and to provide recommendations for improvement. The CIPP model involves evaluating the context, input, process, and output to provide a comprehensive overview of the training program. The research was carried out through observations, interviews, and surveys to evaluate the four main elements: context, input, process, and output, each requiring different assessments. The study results indicate that mastery of the material and rhetorical skills of the participants are indicators of the program's success. Graduation from the program demonstrates that participants are capable of applying the knowledge and skills they have acquired in their daily lives and of practicing religious values effectively.

Keywords: Evaluation, Training Program, Dakwah, CIPP Model

Full Text:

PDF

References


Al Faqih, R., & Sudrajat, I. (2023). Proses Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowladge (TPACK) di Lembaga Dakwah. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 102-109.

Ulfah, N. M. (2017). Strategi Dan Manajemen Dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (Ldii) Kecamatan Tugu Kota Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(2), 207-224.

Afrida, Ely. (2016). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn pada siswa kelas II.D SD Negeri 64/IV Kota Jambi.: Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 282-291.

Amaliah Mirta Khayatunnufus Khamila dkk.(2023).Analisis Kebutuhan Penggunaan Metode Numbered HeadTogether (NHT) terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia dalamMateri Menulis Karya Ilmiah pada Siswa Kelas XI IPS 1SMA Negeri 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023.prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi.

Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 10(5), 1–13. https://doi.org/10.17977/um041v10i1p1%20 -%2013

Istiyani N.., dkk.(2019). Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit di LKP Kartika Bawen. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 2019, 6-13

Faizin, I. (2021). Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 99-118.

Lestari, W. E. W. (2018). Evaluasi Program Kursus Office Terpadu Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Bimantara Klaten. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 53–61

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK, 1(1), 10-25.

MELISA, A. (2022). EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM SATU DESA SATU DA’I PADA DEWAN DAKWAH ISLAMIYAH INDONESIA PROVINSI LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Ardani, B. Evaluasi Program Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah Pada FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Studi Evaluatif Menggunakan Model CIPP) (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.