PENERAPAN PENDIDIKAN PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI DI SKB KOTA SERANG

Rodiyatun Nufus, Ima Erfiyansyah, Hadyu Makilah

Abstract


Abstrak: Pendidikan yang bermutu selalu mempunyai beberapa permasalahan yang menjadi salah satu kendala pendidikan di Indonesia. Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran. andragogi adalah seni dan ilmu pendidikan orang dewasa, sehingga andragogi mengacu pada segala bentuk pendidikan orang dewasa. Adanya konsep diri, pengalaman siswa dewasa, kesiapan belajar, orientasi belajar dan motivasi belajar.Pedagogi adalah suatu pendekatan atau teori pembelajaran yang fokus pada mendidik anak. Konsep pedagogi menekankan peran guru sebagai guru yang memberikan informasi kepada siswa. Pendekatan ini seringkali lebih terstruktur dan otoritatif, dimana guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Pada kajian ini yaitu untuk menerapkan acuan pedagogi dan andragogi pada tataran tujuan pendidikan setara yang lebih luas di SKB Kota Serang. hasil dari pembahasan ini yaitu menunjukkan bahwa pada SKB Kota Serang metode pembelajaran pedagogi dan andragogi diimplementasikan dengan maksimal dan mengikuti gaya belajar peserta didik. Pada studi lapangan yang kami lakukan di SKB Kota Serang, dilakukan beberapa Penelitian terhadap kelayakan kurikulum yang diterapkan oleh para tutor juga pamong baik itu secara andragogi maupun pedagogi pada warga belajar di SKB Kota Serang.
Kata Kunci : Pendidikan,Andragogi, Pedagogi





Abstract: Quality education always has several problems that are one of the obstacles to education in Indonesia. Education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process. Andragogy is the art and science of adult education, so andragogy refers to all forms of adult education. The existence of self-concept, adult student experience, learning readiness, learning orientation and learning motivation. Pedagogy is an approach or theory of learning that focuses on educating children. The concept of pedagogy emphasizes the role of teachers as teachers who provide information to students. This approach is often more structured and authoritative, where teachers play an important role in the learning process. In this study, namely to apply pedagogical and andragogical references to the broader level of equivalent educational goals in SKB Kota Serang. the results of this discussion show that in SKB Kota Serang, pedagogical and andragogical learning methods are implemented optimally and follow the learning styles of students. In the field study that we conducted at SKB Kota Serang, several studies were conducted on the feasibility of the curriculum applied by tutors and tutors, both andragogically and pedagogically, to students at SKB Kota Serang.
Keywords: Education, Andragogy, Pedagogy

Full Text:

PDF

References


Putra, A. E. (2019). Pemahaman Andragogi dan Pedagogi dalam Pelatihan: Suatu Tinjauan Filosofis. Jurnal Kewidyaiswaraan, 4(2), 130-136.

Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2019). Penerapan Pedagogi dan Andragogi pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. Edukasi, 13(1).

Suhaenah, E. (2016). Implikasi pendidikan kesetaraan paket C terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di SKB kota Serang. Jurnal eksistensi pendidikan luar sekolah (e-plus), 1(1).

SYAHRUDIN, A. (2019). PENERAPAN ANDRAGOGI OLEH TUTOR KESETARAAN PAKET C DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR (Studi Pada Kelompok Belajar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Yatimah, D., Sari, E., Madhakomala, R., & Adman, A. (2024). Pedagogi & Andragogi.

Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2019). Penerapan Pedagogi dan Andragogi pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. Edukasi, 13(1).

Budiwan, J. (2018). Pendidikan orang dewasa (andragogy). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 10(02).

Wijaya, S., & Trisnawati, T. (2021). Pendekatan Andragogi dalam Menumbuhkan kesadaran Wajib Belajar Pendidikan Dasar pada Warga Belajar Kelompok Penyanyi Jalanan di Kota Serang. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 7(2).

Setiawati, R. I., & Shofwan, I. (2023). Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran. Lifelong Education Journal, 3(1), 39-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.