ANALISIS HAMBATAN PENERAPAN TEKNOLOGI MODERN TERHADAP LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN: STUDI KASUS PENDIDIKAN NON FORMAL LPK ANITA KOTA SERANG

Detya Rachman, Amelia Dea Nisrina, Faiz Salam, Baehaki Baehaki

Abstract


Abstrak: Pemanfaatan teknologi modern dalam pendidikan telah menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi lembaga pendidikan non formal. Di era yang semakin terhubung ini, integrasi teknologi menjadi krusial dalam memenuhi tuntutan perkembangan zaman dan meningkatkan layanan pendidikan. LPK Anita merupakan salah satu contoh pendidikan diluar sistem formal yang berevolusi akibat adanya perkembangan teknologi. LPK Anita berhasil melakukan transisi dari penggunaan mesin jahit konvensional ke mesin otomatis yang lebih modern. Namum dibalik perkembangan tentunya ada hambatan. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh Lembaga Kursus Pendidikan (LPK) seperti LPK Anita di Kota Serang dalam memanfaatkan teknologi modern. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan pihak pengelola yaitu langsung dengan kepala sekolah yang ada di LPK Anita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan Infrastruktur, kurangnya sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan teknologi baru secara efektif, keterbatasan dana dan manajemen pengajaran yang cenderung masih menggunakan cara lama karena terbatasnya tenaga pengajar. Adanya adopsi teknologi seperti mesin otomatis dan alat bantu digital diharapkan akan mampu meningkatkan produktivitas dan menunjang kepuasan peserta kursus di LPK Anita.
Kata Kunci: Inovasi Teknologi, lembaga kursus, Warga Belajar

Abstract: The utilization of modern technology in education has become an important factor to improve the quality and efficiency of non-formal education institutions. In this increasingly connected era, technology integration is crucial in meeting the demands of the times and improving educational services. LPK Anita is one example of education outside the formal system that has evolved due to technological developments. LPK Anita successfully made the transition from using conventional sewing machines to more modern automatic machines. But behind the development of course there are obstacles. Therefore, this study aims to analyze the challenges faced by Educational Course Institutions (LPK) such as LPK Anita in Serang City in utilizing modern technology. The research method used is qualitative with a case study approach. Data were collected through interviews, observations, and document analysis. This research uses qualitative methods with data collection techniques through observation and interviews with the management, namely directly with the principal at LPK Anita. The results show that the main challenges faced are limited infrastructure, lack of human resources capable of operating new technology effectively, limited funds and teaching management that tends to still use the old way due to limited teaching staff. The adoption of technology such as automatic machines and digital tools is expected to increase productivity and support the satisfaction of course participants at LPK Anita.
Keywords: Technology Innovation, Course Institution, Learning Citizens

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press. https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Asshidiqy, M. S. Q. (2016). Peran Lembaga Kursus Dan Pelatihan Surabaya Hotel School Dalam Meningkatkan Penyerapan Tenaga Kerja Masuk Ke Industri Perhotelan Bidang Housekeeping Diluar Negeri. J+ Plus Unesa, 5(1), 1-9.

Balakrishnan, R. (2006, March 25-26). Why aren't we using 3d user interfaces, and will we ever? [Paper presentation]. IEEE Symposium on 3D User Interfaces, Alexandria, VA. https://doi.org/10.1109/VR.2006.148. à Konferensi/Prosiding

Colclough, B., & Colclough, J. (1999). A challenge to change. Thorsons. à Book: Two Authors

Desyani, K., Natuna, D. A., & Jais, M. (2023). Pengelolaan Lembaga Kurus dan Pelatihan (LKP) Menjahit “Nuri” di Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1022-1031.

Eckes, T. (2000). The developmental social psychology of gender. Lawrence Erlbaum Associates. https://lib.ugm.ac.id/443/record=b1600608 à e-books

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.14758

Karmini, Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2024). Kata Kunci: 13, 102–110.

Khairul, M., Wijaya, A., & Diana. (2023). Peran Dan Dampak Pengebangan Teknologi Dalam Penyelenggaraan Program dan Layanan Masyarakat. 4(3), 6734–6739.

Kusmiran, Husti, I., & Nurhadi. (2022). Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal dalam Desain Hadits Tarbawi. Penelitian Ilmu Pendidikan, 1, 489–489. https://jpion.org/index.php/jpi485Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

Latifa, I., & Pribadi, F. (2022). Peran Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Mengatasi Pengangguran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 3(3), 137–146. https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i3.45781

Rachmi, S. A., Eka Putri D, N. A., & Salfin. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Jurnal of International Multidisciplinary Research, 2, 52–63.

Ramadhani, A. (2024). LKP: Deteksi Asap Berbasis IoT untuk Penerapan Smart Industry (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Salsabila, A., Alicia, N., & Rawita, I. S. (2023). Peningkatan Life Skill Melalui Pelatihan Microsoft Word Pada LPK Teknoss Ciruas Kota Serang. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 110-119.

Yona, S. (2006). Penyusunan studi kasus. 10(2), 76–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.