KURATOR-2D (Kalkulator Penguraian Vektor Dua Dimensi) sebagai Media Pembelajaran untuk Memvisualisasikan Konsep Penjumlahan Vektor Metode Analitis (Penguraian Vektor)

Rahmat Romdana

Sari


Dengan mempertimbangkan potensi microsoft visio dan keinginan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran materi penjumlahan vektor di tingkat sekolah menengah (Sekolah Menengah Atas/Kejuruan) dilakukanlah studi untuk mengembangkan media pembelajaran penjumlahan vektor metode analitis (penguraian vektor). Studi ini menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation and Evaluation), tapi dengan uji
coba lapangan secara terbatas. Setelah dilakukan tahap analysis, design dan development, dihasilkanlah produk media pembelajaran penjumlahan vektor metode penguraian yang diberi nama KURATOR-2D (Kalkulator Penguraian Vektor Dua Dimensi) yang terdiri dari tiga bagian. Pada tahap implementation and evaluation, dilakukan uji kelayakan (validasi) produk dan uji coba lapangan. Validasi produk dilakukan dengan dua cara, yaitu uji kebenaran output produk dan penilaian dari tiga orang praktisi terhadap tampilan produk dan kesesuaian produk dengan tujuan. Persentase hasil pengujian terhadap kebenaran output angka/nilai dan penggambaran
vektor adalah 100%. Persentase hasil penilaian tampilan produk dan kesesuaian produk dengan tujuan secara rata-rata adalah 86% (bagian I), 87% (bagian II), dan 89% (bagian III). Hasil uji coba menujukkan bahwa sebagian besar peserta didik (82%) mengaku merasa terbantu dengan penggunaan media pembelajaran KURATOR-2D dan menurut mereka visualisasi dari media mudah dipahami (86%). Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa media pembelajaran KURATOR-2D layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran materi penjumlahan vektor.




Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aldoobie, Nada. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5( 6). Didapatkan dari http://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf

AlibasF., HumairahN., & MutmainnahM. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Presentasi Interaktif pada Mata Kuliah Elektronika di Universitas Sulawesi Barat. SAINTIFIK, 3(2), 143-152. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i2.154

Aminah, Atik Nur & Haryanto, Dwi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan SWISHMAX 4 untuk Membantu Siswa dalam Menganalisis Besaranbesaran Fisis pada Gerak Lurus. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 3(2). http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i2p20-26

Davis, Beverly & Summers, Michele. (2015). Applying Dale's Cone of Experience to increase learning and retention: A study of student learning in a foundational leadership course. QScience Proceedings. 2015. 6. 10.5339/qproc.2015.wcee2014.6.

Hidayati, Arina Fitri & Puspitarini, Iko Dyah. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis VBA (Visual Basic Application) dalam Excel pada materi Hukum II Newton. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (SNF), 4, 20.

Kurnia Nugroho, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI Menggunakan Microsoft Excel 2010 Pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 2(1), 1-5. doi:http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v2i1.3127

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. International journal of applied research, 1, 52-54. Didapatkan dari https://www.allresearchjournal.com/archives/2015/vol1issue3/PartB/67.1-739.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. (2018). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

T.W., Alhidayatuddiniyah. (2017). Aplikasi Kalkulator Fisika untuk Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) Berbasis Adobe Flash Pro CS6 Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 2, 15. 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16356

Wahyudi, W., Kosim, K., & Taufik, M. (2019). Pelatihan Pembuatan Ilustrasi Bahan Ajar dengan Menggunakan Microsoft Visio Drawing 2010. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.1010


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa