Pengaruh Metode Ceramah Berbasis Artificial Intelligence Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Gelombang
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisya, R., & Wahyuni, Y. S. (2023). Pengaruh penerapan metode ceramah terhadap pemahaman siswa pada pelajaran sosiologi kelas XII IPS 5 di SMAN 1 Pasaman. Journal on Education. 5(4), 12043–12051. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2165
Asri, A. (2013). Penerapan metode ceramah bervariasi untuk menigkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKN (studi deskriptif siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Cimalaka). (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. http://repository.upi.edu/id/eprint/424
Ayunda, D., Kustiawan, A., & Erlin, E. (2022). Pengaruh model problem based learning berbasis tpack terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 584. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8628
Baskoro, G., Mariza, I., & Sutapa, I. N. (2023). Innovation to improve critical thinking skills in the generation z using peeragogy as a learning approach and artificial intelligence (AI) as a tool. Jurnal Teknik Industri, 25(2), 121–130. https://doi.org/10.9744/jti.25.2.121-130
Farizi, Z. Al, Sahlan, S., Prasetyo, E., Fitriani, N., Laleng, E. M., Tiar, H. H., & Anwar, Z. (2024). Analysis of the impact of chatgpt usage in direct current physics material on enhancing students’ higher-order thinking skills (HOTS) during the merdeka belajar. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 12(1), 92–105. https://doi.org/10.20527/bipf.v12i1.17603
Firdaus, & Firman. (2023). Efektivitas artificial intelligence (AI) dalam menjawab soal higher order thinking skill (HOTS). Indonesia Jurnal of Educational Science (IJES), 6(1), 15–30.
Lund, B. D., & Wang, T. (2003). Chatting about ChatGPT: how may AI and GPT impact academia and libraries? Library Hi Tech News. https://doi.org/10.1108/LHTN-01-2023-0009
Manurung, O., Destiani, A. C., Sugiarto, J., Lolo, A., & Chai, K. (2023). Identifikasi pengaruh penggunaan chatgpt terhadap kemampuan berfikir mahasiswa di universitas atma jaya yogyakarta prodi sistem informasi angkatan 2021. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 342–352. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7241
Nanda, R., Soewarno, & Nurul, W. (2019). Analisis hots menggunakan two-tier multiple choice pada materi gerak siswa kelas xi di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 4(2), 11–19.
Nizam, M., Djudin, T., Hamdani, H., Silitonga, H. T. M., & Firdaus, F. (2023). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam menyelesaikan soal suhu dan kalor. Variabel, 6(1), 6–15. https://doi.org/10.26737/var.v6i1.4252
Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam perkembangan pembelajaran matematika SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.
Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat kecerdasan buatan untuk pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika, 2(1), 124–134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163
Setiawi, A. P., Nova, E., Patty, S., & Making, S. R. M. (2024). Dampak artificial intelligence dalam pembelajaran sekolah menengah atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680–684.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Wirabumi, R. (2020). Metode pembelajaran ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa